Desa Ketapang Kabupaten Banyuwang, Kisah Sukses Kelola BUMDes

(sumber: merdeka.com)

Dikutip melalui laman berita online Merdeka.com Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten yang dapat membawa perubahan dalam perekonomian pedesaan. Kabupaten yang terletak di Provinsi Jwa Timur ini dijadikan salah satu daerah acuan untuk dicontoh oleh pengembangan desa untuk daerah-daerah lain.

Baru-baru ini Kabupaten Banyuwangi kedatangan rombongan dari Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Rombongan ini berisi Camat Gedangan, Abdul Muid, yang juga memboyong Kasi Perekonomian dan 15 kepala desa (Kades), serta perwakilan tim penggerak PKK baik tingkat kecamatan maupun desa.

Salah satu agenda dalam kunjungan ini adalah  mengunjungi Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi untuk belajar pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Selaku Camat, Abdul Muid, mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang bisa dipelajari dari pembangunan desa di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Slaah satunya adalah semangat untuk terus menggalakkan berdirinya BUMDes sebagai alat untuk meningkatkan perekonomian pedesaan agar lebih cepat lagi.

Desa Ketapang sendiri terpilih sebagai lokasi study banding karena merupakan salah satu desa mandiri di Jawa Timur, mampu mengolah BUMDes.Hingga saat ini, Desa Ketapang merupakan desa yang mandiri berkat usaha BUMDes Citra Mandiri. Desa Ketapang adalah desa dengan luas 3.767 hektare serta jumlah penduduk sebanyak 25.400 jiwa, desa ini hingga saat ini telah mampu menghasilkan pendapatan rata-rata sekitar Rp 14 juta/bulan.

Kesuksesan Desa Ketapang ini berkat keberanian berinovasi yang dipimpin oleh Kepala Desa, Slamet Kasihono, serta bimbingan dari pihak Pemkab Banyuwangi. Meski sempat jatuh bangun, BUMDes yang dulunya koperasi ini mampu meraih PADdes rata-rata Rp. 100 juta/tahun.

Sumber: www.merdeka.com

One Reply to “Desa Ketapang Kabupaten Banyuwang, Kisah Sukses Kelola BUMDes”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *