Sebatik, Pulau Terluar Indonesia Sudah Punya BUMDes

Pulau Sebatik adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang merupakan bagian dari wilayah alternatif Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Pulau ini cukup terkenal karena terbagi menjadi dua. Bagian, dimana belahan utara seluas 187,23 km² merupakan wilayah Negara Malaysia, sedangkan belahan selatan dengan luas 246,61 km² masuk ke wilayah Indonesia.

Sekalipun berada di perbatasan yang jauh dari pusat pemerintahan, tidak membuat Pulau Sebatik ketinggalan dalam usaha pembangunan wilayah pedesaanya. Pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Pulau Sebatik resmi dibentuk. Pembentukan BUMDes ini difasilitasi oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan dihadiri langsung oleh Menteri Desa dan PDTT.

Melalui laman resmi BNI (www.bni.co.id) Pembentukan BUMDes di Pulau Sebatik ini menjadi salah satu upaya BNI dalam memperkuat dukungannya terhadap program-program pengentasan kemiskinan di desa, dan mendorong pemerataan ekonomi, khususnya ekonomi kerakyatan yang digagas oleh pemerintah melalui kerja sama antara beberapa kementerian. Program ini semakin menunjukkan bahwa BUMN sepenuhnya mendukung kemajuan BUMDes

Beberapa BUMDes di Pulau Sebatikyang telah berdiri adalah BUMDes Harapan Maju Bersama (di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Sebatik Timur), BUMDes Deli Sejahtera di Sebatik Barat, Prima Mandiri di Sebatik Timur, Lapri Beriman di Sebatik Utara, Jendela Usaha di Sebatik Utara, Tapal Batas Patok 3 di Sebatik Tengah, Maju Sejahtera di Sebatik Induk, Karya Mandiri di Sebatik Induk, BUMDes Bersama Sebatik Tengah Indah, dan BUMDes Bersama Sebatik Barat Indah. BUMDes-BUMDes tersebut bergerak dalam beragam jenis usaha, mulai dari perdagangan pupuk, elpiji, bahan makanan pokok, hingga usaha simpan pinjam.

Memanfaatkan batas wilayah yang dekat dengan negara tetangga salah satu BUMDes, yaitu BUMDes Harapan Maju milik Desa Tanjung Harapan Sebatik Timur telah berhasil mengekspor produknya usahanya ke Malaysia.

Hal ini diharapkan menjadi inspirasi desa-desa lain untuk tidak ketinggalan untuk mengembangkan BUMDes. Bahkan salah satu pulau terluarpun telah berhasil mendirikan BUMDes!

Ayo terus galakkan BUMDes, karena kebangkitan ekonomi Indonesia dimulai dari desa!

 

(sumber www.bni.co.id)