BUMDes Kelola Desa Wisata Sukanagalih

Salah satu jenis usaha potensial yang dapat dikelola oleh BUMDes adalah Desa Wisata. Hal ini dikarenakan Desa memiliki banyak kelebihan baik dari bentang alam maupun budaya yang sudah sulit untuk ditemukan di daerah perkotaan.

Salah satu BUMDes yang bergerak dibidang Desa Wisata adalah BUMDes Desa Sukanagalih yang merupakan kawasan wisata alam dan edukatif di kawasan Puncak, Jawa Barat tepatnya di Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Wisata Desa ini  terbagi menjadi 3 unit usaha BUMDEs yang akan dikembangkan di tiga lokasi yang berbeda yaitu wisata pangan di Kampung Cihiyem, wisata santri di Kampung Padarincang, dan wisata industri di Kampung Cinengah.

Tidak berhenti sampai di situ, BUMDes Desa Sukanagalih juga menawarkan paket-paket wisata, yang lebih menarik minat pengunjung. Contohnya, ada paket “Sehari bersama Pa’tani” yang merupakan program eco-tourism yang menyajikan “apa adanya alam”, dan menjanjikan pengalaman yang jarang atau bahkan belum pernah dialami sebelumnya oleh pengunjung.

Program ini mengajak wisatawan merasakan kehidupan petani secara utuh, orsinil dan langsung di tempatnya. Maka tidak heran jika homestay yang disediakan merupakan rumah-rumah penduduk yang sangat sederhana namun sebelumnya dilakukan edukasi mengenai kebersihan dan estetika. Keterlibatan masyarakat setempatpun sangat membantu dalam menggalakan kegiatan ekonomi di desa.

Paket wisata yang ditawarkan juga beragam, dengan menyarasar keluarga, perkumpulan, hingga edukasi berbasis alam untuk anak-anak. Selain destinasi wisata, BUMDes juga mengembangkan produk-produk makanan maupun barang lainnya yang dapat dijadikan cenderamata dalam sehabis berkunjung ke Desa Sukanagalih seperti, Raginang Gerenyem, Kerupuk RO ‘Raos’, dan masih banyak lagi.

 

Sumber: https://bumdesukanagalih.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *