Forum BUMDes Jawa Barat Resmi Dibentuk

Akhir tahun 2017 ini Forum Bumdes Jawa Barat resmi didirikan. Forum ini merupakan forum lahir dari kegiatan bechmarking Bumdesa Provinsi Jawa Barat tgl 26 Agustus 2016 di Bukittinggi. Dari kegiatan ini, dibentuklah sebuah grup diskusi di WhatsApp yang awalnya hanya beranggotakan 20 orang penggerak BUMDes yang ingin membuat dan merancang bagaimana agar Bumdes Bumdes di Jawa Barat Bisa berkembang dengan mekanisme kunjungan para inisiatif ke berbagai kecamatan di level Kabupaten dan ke berbagai Kabupaten di level provinsi.

Tidak disangka, grup diskusi di WhatsApp ini menarik banyak minat penggerak BUMDes untuk bergabung hingga melebihi 286 orang. Hal ini kemudian memunculkan ide untuk membuat forus resmi yang menaungi Bumdes-Bumdes yang ada di Jawa Barat. Forum yang berisi perwakilan pengurus BUMDes dari kota/kab se-Jabar ini, diketuai oleh Bapak Eman Suheman dari BUMDes Banjaran, Kabupaten Majalengka.

Bapak Eman Suheman juga mengemukakan bahwa selain sebagai forum silahturahmi dan mediasi antar-Bumdes, forum ini juga kedepannya akan menjadi jembatan untuk terjadinya kerjasama antar-Bumdes yang ada di Jawa Barat. Rencana kerjasama ini saat ini masih berupa rencana yang dibahas oleh forum dan masih berjalan 80%, sebelum akan diterapkan ke Bumdes-Bumdes anggota. Jumlah anggota yang telah tercatat dalam data Base forum Bumdes Jawa Barat ada sekitar 284 Bumdes dari 14 Kabupaten dan 1 kota (pengiriman Data Online) dari Data Bumdes yang telah terdaftar secara laporan ke DPMDJawa Barat sebanyak 2800 Bumdes di Jawa Barat.

Meskipun demikian, Bapak Eman mengemukakan bahwa forum ini bukan menargetkan terhadap rekrutmen anggota, tetapi lebih fokus untuk silaturahmi diskusi mediasi dan saling koordinasi. Forum ini juga menargetkan akan akhirnya Bumdes-Bumdes yang telah ada dan yang belum lahir bisa mendapatkan informasi dan perhatian yang sama.

Agenda terdekat dari Forum Bumdes Jawa Barat adalah Rakor program kerja bersama DPMD Jawa Barat yang akan berlangsung pada 19-21 desember 2017 dengan agenda terjalinnya keharmonisan dan persamaan konsep demi sasaran dan tujuan yang tertata dan terencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *