100 Kabupaten dan 40 Perusahaan Komitmen Kembangkan Prukades

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memiliki 4 program prioritas, meliputi Pengembangan Prukades, Pengembangunan BUMDes, Pembangunan Embung, dan Pembangunan Sarana Olah Raga Desa. Keempat program ini merupakan prioritas utama dalam penggunaan dana desa.

Salah satu dari program prioritas ini, yaitu program produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) cukup menarik perhatian dari banyak kalangan. Melalui laman resminya (kemendesa.go.id), Kemendes PDTT mengungkapkan bahwa ada 100 kabupaten dan 40 perusahaan besar menyatakan tertarik terlibat dalam pelaksanaan salah satu program Prukades tersebut.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menjelaskan Prukades merupakan upaya meningkatkan skala ekonomi produk dari kawasan perdesaan dengan sistem klusterisasi ekonomi. Selama ini produk unggulan kawasan perdesaan tidak banyak dilirik oleh kalangan swasta karena tidak mempunyai skala ekonomi. Produk-produk tersebut seringkali digarap dengan skala kecil dan terpisah antar satu desa dengan desa lain meskipun berada di dalam satu kawasan. Dengan Prukades, desa-desa dalam satu kawasan diarahkan memproduksi satu produk unggulan dalam skala besar.

Menteri Desa PDTT mengungkapkan bahwa Desa sering dianggap miskin karena tidak fokus dalam mengembangkan suatu produk. Hasilnya produk-produk desa memiliki skala ekonomi yang kecil dan akhirnya tidak memiliki akses ke pasar. Dengan adanya Prukades ini, beliau yakin bahwa skala ekonomi akan membesar, yang akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan  desa, serta juga akan meningkatkan jumlah angkatan kerja di desa

Menteri Eko mengungkapkan Kemendes PDTT telah memfasilitasi pertemuan sejumlah kepala daerah dengan sejumlah kementerian, perbankan serta para pengusaha untuk menyukseskan program prukades. Dalam pertemuan tersebut antar pihak menyepakati jenis produk unggulan, skema modal, pengelolaan pascapanen, hingga proses pemasaran.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Eko juga berharap kedepannya pembangunan perekonomian di kawasan perdesaan semakin meningkat. Menurutnya selain Prukades, Kemendes PDTT juga mempunyai program prioritas lain yakni Pembangunan embung, Pembentukan Badan usaha Milik Desa (BUMDes) dan pembangunan sarana olahraga. Program-program tersebut diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi secara langsung maupun tidak langsung sehingga akan meningkatkan kesejahteraan warga desa dan menurunkan angka kemiskinan di kawasan perdesaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *