Pendampingan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB)

Salah satu layanan yang ditawarkan bumdes.id selain pendampingan dan pelatihan adalah sistem aplikasi akuntansi yang dapat memudahkan BUMDes dalam melakukan pencatatan keuangan. Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB) adalah software yang ditawarkan oleh bumdes.id. Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat memicu perkembangan BUMDes yang lebih signifikan lagi kedepannya.

Pentingnya peran teknologi ini, membuat peserta Workshop Pendampingan BUMDes Angkatan 6 tidak ketinggalan, mereka juga diberikan materi terkait Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB). Kegiatan yang dipandu oleh Tim Bumdes.id ini, secara langsung melatih peserta untuk menggunakan SAAB.

Peserta dibantu untuk masuk kesalam sistem kemudian dilanjutkan dengan praktek yang dipandu oleh Ibu Yeni. Peserta di bagi perkelompok dan dibagi menjadi unit wisata, pasar desa, pengeloaan sampah. Praktek dimualai dengan:

  1. Setup general yang berisi nama bumdes, periode transaksi, mata uang, pelanggan dan pemasok.
  2. BKM (Bukti kas masuk) à penerimaan, menjelaskan mengenai bagaimana cara untuk melakukan penginputan. Kemudian masuk kedalam soal dan peserta mengerjakan soal sesuai dengan intruksi ari pemateri.
  3. BKK (Bukti kas keluar) à Peserta melakukan penginputan pengeluaran
  4. Daftar penerimaan à peserta melakukan review terhadap hasil dari inputan penerimaan
  5. Peserta diperlihatkan hasil dari laporan keuangan

Tertarik untuk mencoba demo aplikasi SAAB? Yuk, silahkan coba secara gratis di bumdes.id/demo !

Baca juga: Pendampingan dalam Pemetaan Potensi Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *