Workshop BUMDes: Yuk, Belajar Jadi Desa Mandiri dari Desa Ponggok

Hari kedua pelaksanaan Workshop Pendampingan BUMDes Angkatan 6 kembali diisi oleh salah satu tokoh yang berhasil membuat BUMDes Tirta Mandiri milik Desa Ponggok, Bapak Yani Setyadiningrat. Bapak Yani Setyadiningrat sendir adalah Carik (Sekertaris Desa) Desa Ponggok, Desa yang melalui BUMDesnya telah tercatat beromzet 11,9 Miliar.

Desa Ponggok melalui BUMDes Tirta Mandiri mampu merubah nasibnya dari desa miskin menjadi desa wisata populer yang sangat menguntungkan, dan keuntungan ini dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat Desa Ponggok sendiri.

Hal ini terlihat dari adanya beberapa kebijakan yang sangat membantu masyarakat, seperti premi BPJS semua warga desa ponggok dibayarkan oleh desa, Desa Ponggok juga berkomitmen memperbaiki kulitas sumber daya manusia yang ada di desa dengan membuat program 1 rumah 1 Sarjana yang dibiayai oleh Desa. Hingga saat ini, BUMDes Tirta Mandiri terus mengembangkan unit-unit usahanya, hal ini juga dilakukan untuk mendukung program dimana warganya sebisa mungkin berkerja didesa sehingga warganya yang mengelola desa.

Masyarakat desa memberikan investasi ke desa ponggok sebesar 5 jt sehingga masyarakat mendapatkan bagi hasil sebesar 10-15% sehingga setiap bulan masyarakat desa mendapatkan 500rb. Ponggok akan mendirikan pondok mall yang sistemnya mengunakan online. Setiap RW diberikan unit usaha sehingga hasil dari unit usaha tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Seperti yang telah disebutkan diatas, BUMDes Tirta Mandiri memang tengah gencar untuk memperluas unit-unit usahanya. BUMDes Tirta Mandiri tidak hanya mengembangkan destinasi wisata unggulan yang dimilikinya, yaitu Umbul Ponggok, tetapi juga berbagai unit usaha yang juga dapat menyangga jalannya desa wisata. Contohnya seperti budidaya ikan Nila, Minimarket, persewaan gedung, kios, kendaraan dan peralatan, hingga pengolahan air bersih.  Dengan adanya unit-unit usaha diberbagai bidang ini, Desa Ponggok dapat membuat perputaran uang di desa tidak akan keluar dari desa.

Ayo, Jangan mau kalah dari Desa Ponggok, berdayakan BUMDes semaksimal mungkin, omzet Miliaran pertahun bukan hal yang mustahil!

 

Selanjutnya: Pengenalan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes

Baca juga: Workshop Pendampingan BUMDes Angkatan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *