BUMDes Mall: Pemasaran Online Untuk Produk Bumdes

BUMDes Mall (bumdes-mall.com) merupakan media pemasaran e-commerce yang digunakan sebagai alat untu promosi produk unggulan kawasan pedesaan yang dihasilkan dari bumdes se-Indonesia maupun Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) yang bisa dipasarkan secara online. BUMDes Mall dibentuk berdasarkan kerjasama antara Kementerian Desa PDTT dengan Bank Negara Indonesia (BNI), dan diharapkan menjadi awal baru dapat pengembangan pasar dari produk-produk BUMDes.

BUMDes Mall ini memiliki beberapa keunggulan, terutama dengan adanya kerjasama dengan BNI untuk memberikan akses pembayaran yang mudah dan aman. Pihak BNI mengatakan bahwa BUMDes Mall ini akan mendukung pembayaran dengan Kartu debit maupun kredit dari semua bank. Selain itu, juga dapat dilakukan pembayaran melalui BNI mobile banking, sms banking maupun internet banking. Keunggulan lainnya adalah, BUMDes Mall ini didukungan berbagai pilihan kurir yang akan menjamin keamanan bertransaksi bagi pembeli dan penjual. Konsep virtual mall juga menjadikannya bisa diakses kapanpun dan dimanapun yang juga merupakan sarana mengangkat awareness kearifan lokal Indonesia.

BUMDes Mall dilaunching oleh menteri desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, didampingi perwakilan dari BNI dalam rangkaian Rembug Desa Nasional 2017 di Kampoeng Mataraman, Desa Panggungharjo. Menteri Eko juga mengatakan bahwa BUMDes Mall ini merupakan salah satu program utama dari Kementerian Desa. Keberadaan BUMDes Mall ini dianggap akan menjadikan jangkauan pemasaran produk menjadi lebih luas, sehingga BUMDes tidak perlu ragu untuk memasarkan produknya melalui BUMDes Mall.

Menteri Eko, mengungkapkan bahwa yang perlu dilakukan BUMDes hanya mengunggah produknya di bumdes-mall.com, maka produk dapat dilihat oleh masyarakata di seluruh Indonesia bahkan dunia. Beliau juga mengemukakan bahwa penggunaan virtual mall ini terbukti dapat membantu pemasaran hingga ke mancanegara, contohnya seperti yang di Kabupaten Banyuwangi yang saat ini produk-produknya telah dapat dijual ke mancanegara.

Selain menjual produk dalam bentuk barang, Menteri Eko juga menekankan bahwa BUMDes Mall dapat pula digunakan untuk pemasaran jasa, terutama untuk paket-paket wisata desa, sehingga dapat dimanfaatkan dan direncanakan oleh masyarakat. Sehingga Kementerian desa menghimbau BUMDes dari seluruh Indonesia untuk memanfaatkan BUMDes Mall ini.

 

Baca juga: Bagaimana Ketentuan Pajak BUMDes?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *