Dr. Ivanovich: Usaha Bersama Antar-Desa Diperlukan!

Dr. Ivanovich Agusta SP, MSi. adalah seorang pakar sosiologi pedesaan (rural sociology) yang merupakan dosen asal Institut Pertanian Bogor (IPB). Dr. Ivanovich menjadi salah satu pembicara dalam acara Rembug Desa Nasiona 2017 di Kampoeng Mataraman, Desa Panggungharjo.

Beberapa hal yang menjadi poin dalam pembahasan beliau meliputi:

  1. Undang-Undang Desa pasti yang dikejar infrastruktur karena mudah dan bisa mengajukan lagi di tahun depan.
  2. Jenis infrastrukturnya Layanan sosial dasar seperti PAUD dan Posyandu
  3. Tahun ketiga beralih kepada pengembangan ekonomi kreatif yang bisa memberdayakan perekonomian masyarakat.

Beliau kemudian mengemukakan bahwa jumah desa yang tertinggal saat ini ada 17 persen, dan jumlah desa maju naik sebesar 10 persen.

Selanjutnya pertanyaan yang muncul adalah bagaimana mengembangkan ekonomi masyarakat. 400 trilyun dialokasikan tetapi angka kemiskinan tidak turun. Dengan mengembangkan ekonomi masyarakat, maka kemiskinan akan turun.

Kuncinya adalah memkasimalkan Prukades. Bagaimana mendudukkan prukades untuk membangun desa. Kita harus melakukan kerjasama antar desa untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Salah satu yang membuat sulit berkembang adalah tidak adanya pemasaran. Yang perlu dipersiapkan adalah pihak swastanya. Ada kebutuhan link ke swasta, yaitu melalui PT BUMDES Mitra Nusantara.

Cara yang lain untuk memaksimalkan cakupan penggunaan dana desa adalah dengan membuat lembaga kerjasama antar desa dengan BKAD atau BUMADESA.Dengan adanya konsep Jaringan, saling percaya kita berani untuk mengambil resiko. Di desa juga ada ikatan ekonomi, ikatan musik, ada ikatan kebudayaan, oleh sebab itu pemerintah memberikan program yang bisa mengembangkan desa-desa kawasan yang membentuk kawasan adalah pemerintah, dalam hal inilah UU Desa melakukan perubahan.

Diakhir sesi enyampaian materi, Dr. Ivanovich menekankan bahwa usaha bersama antar-desa diperlukan untuk kemajuan desa.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *