Angkatan Pertama Institut Manajemen Bumdes Nusantara Resmi Diluncurkan

IMBN (Institute Management Bumdesa Nusantara) adalah aksi nyata, bentuk konkret dari sinergi ABCGFM (Academics-Business-Community-Government-Financial Institution-Media) dalam hal ini adalah Kemendesa-BNI University-PT Mitra Bumdes Nusantara-Forum Bumdesa Indonesia dan Bumdes.id

Sebuah langkah kecil, tetapi mengawali lompatan besar. Pada angkatan 1 ini diikuti dari 25 Bumdes terbaik dari 25 Kabupaten se Propins Sumatera Barat ditambah unsur pendamping, tenaga ahli dan Dinas PMD.

Materi yang disampaikan adalah Mindset Wirausaha, Roadmap Bumdes Sukses, Pemetaan Bisnis, Analisa Gap, dan Penyusunan Rencana Aksi. Setelah dua hari di Jakarta akan dilanjutkan studi banding ke Bumdes INSPIRASI yaitu Bumdes Panggunglestari, Bumdes Ponggok dan Bumdes Langgeran.

Inisiator dari IMBN ini adalah H Febby Datuk Bangso Nan Putiah dari Tenaga Ahli Kemendes dan Rudy Suryanto Founder Bumdes.id. Acara ini diharapkan akan berlanjut untuk angkatan-angkatan berikutnya. Menurut Pak Febby acara ini dimaksudkan untuk membuka cakrawala pengelola Bumdes, sehingga semakin banyak lagi Bumdes sukses di Indonesia. Alasan menggandeng BNI adalah supaya Bumdes semakin dikenal dan berkelas. Pak Rudy menambahkan bahwa lewat forum seperti ini maka Bumdes akan saling belajar dan bekerjasama, sehingga kedaulatan dan kemandirian desa lewat Bumdes bisa segera terwujud.

Salam Bumdes Sukses.   

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *