Prof. Rhenald Kasali: Pemuda Kunci Kesuksesan Desa

 

Prof. Rhenald Kasali, seorang guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yang juga founder Rumah Perubahan, didaulat sebagai salah satu pembucara pada acara Rembug Desa Nasional 2017, yang berlangsung tanggal 26 November 2017, di Desa Panggungharjo, beliau menyampaikan pendapatnya tentang desa dan apa yang menurut beliau penting untuk mencapai kemakmuran di desa.

Menurut Prof Rhenald Kasali, desa memiliki beberapa faktor untuk maju yang sulit ditemui di kawasan perkotaan, yaitu:

  • Udara yang bersih
  • Air yang bersih
  • Pangan yang sehat

Prof. Rhenal Kasali mengemukakan bahwa kunci dari kesuksesan desa ada ditangan orang-orang muda yang mau membawa perubahan untuk kemajuan desa.Oleh karena itu pemuda perlu dipanggil pulang ke desa, inovasi tempatnya di desa. Beliau juga menegaskan bahwa, banyak desa-desa yang kurang berkembang karena dipimpin oleh orang tua. Orang tua harus mau mengalah dengan menyerahkan kepemimpinan kepada kaum muda. Karena pemuda bisa saja miskin pengalaman tetapi kaya akan kesempatan.

Desa membutuhkan kaum muda yang bisa melayani masyarakat selama 24 jam. Prof Rhenald Kasali juga mengatakan bahwa dibanding Singapura yang tidak mempunyai SDM dan SDA yang berlimpah, namun mereka bisa menjadi negara makmur karena mereka tidak percaya kepada keterbelakangan.

Beliau juga mencontohkan sebuah desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang dapat bertahan karena ada manusia yang inovatif dengan memaksimalkan potensi adat dan bergotong-royong. Tanpa uang yang banyak, mereka berkerjsama untuk menggarap kebun dan menanaminya sehingga, akhirnya desa tersebut menjadi desa dan maju. dan pada akhirnya uang datang mengalir di desa itu.

Beliau juga mengemukakan bahwa Desa memiliki banyak sekali potensi yang dapat dikelola di Desa yang menjadikan Desa adalah tumpuan kemajuan bangsa di masa depan. Pada akhir penyampaian materi beliau juga menekankan bahwa Indonesia adalah bangsa yang pintar, bertoleransi dan bangsa yang berinovasi. Oleh karena itu pemuda desa harus menjadi pelopor munculnya ide-ide kreatif dan inovatif yang diperlukan untuk kemajuan desa. Hal ini sejalan dengan tema kebangkitan ekonomi Indonesia dari desa yang dibawa dalam acara Rembug Desa ini.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *