Menteri Eko: Refleksi 3 Tahun Dana Desa

Bapak Menteri Eko Putro Sanjojo menyampaikan Refleksi 3 tahun Dana Desa dalam rangkaian acara Rembug Desa Nasional 2017, di Kampoeng Mataraman, Panggungharjo.

Menteri Eko, dalam pidatonya, menyampaikan apresiasi pada Desa-desa yang telah mampu menggunakan Dana Desa untuk memajukan Desa baik secara sosial maupun secara finansial. Hal ini terlihat dari tingkat penurunan kemiskinan yang lebih rendah di desa yaitu sebesar 4,45% , dibanding di perkotaan yang hanya 4%.

Namun, tentu saja masih banyak hal yang perlu diperbaiki, salah satunya adalah pengalokasian Dana Desa yang masih banyak unttuk pembangunan infrastruktur fisik. Meteri Eko mengemukakan bahwa Infrastruktur memang perlu namun tidak cukup untuk memajukan sebuah Desa. Oleh karena itu, Dana Desa dalam penggunaanya perlu memprioritaskan 4 program unggulan yang di prioritaskan oleh Kemendesa, meliputi:

Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan), pemerintah dan Bank BUMN telah berkomitemen untuk memberikan bantuan finansial untuk pengembagan Prukades.

BUMDes, merupakan penggerak ekonomi desa yang dapat menjadi jembatan untuk memanfaatkan potensi yang ada di desa, Kemendesa telah mengarahkan produk subsidi dan bank BUMN untuk membantu Bumdes.

Pembangunan Embung, setiap daerah harus di fasilitasi Embung dari dana desa, hal ini penting untuk menjamin ketersediaan pangan mengingat masih 20% balita berpotensi kekurangan gizi.

Sarana Olah raga, untuk kesehatan dan memberdayakan Pemuda untuk hal-hal positif, dan dapat dijadikan sumber pendapatan desa.

Menteri Eko juga mengemukakan bahwa akan ada kebijakan baru yang saat ini telah mencapai kesepakatan dipihak pemerintah pusat dimana kepala desa bisa melakukan swa kelola seberapapun besarnya proyek dana desa. Hal ini diharapkan dapat menjadikan penggunaan Dana Desa menjadi lebih terarah untuk kemajuan desa.

 

#RDN2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *