Pameran Potensi Usaha di RDN2017

Acara Rembug Desa Nasional, resmi dibuka pada hari Minggu, 26 November 2017, di Kampoeng Mataraman, Desa Panggungharjo. Acara ini akan menampilkan beberapa pembicara yang luar bisa seperti Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, MM (Founder Rumah Perubahan; Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Indonesia), Dr Aviliani SE, MSi. (Ekonom INDEF dan Konsultan Kementrian Desa dan PDTTEkonom INDEF dan Konsultan Kementrian Desa dan PDTT), dan Dr. Ivanovich Agusta, SP, MSi (Pengajar Sosiolog Perdesaan, IPB).

Hari pertama RDN2017 juga akan menyuguhkan diskusi refleksi dimana beberapa Desa dan BUMDes yang berhasil menjadikan desa sebagai jembatan untuk kemajuan ekonomi Indonesia. Diantaranya adalah Bapak Imam Subowo (PT. Mitra BUMDesa Nusantara dan Direktur BULOG), Yani Stiadi (Direktur BUMDesa Tirta Mandir),  M. Gunung (Ketua BUMDesa Bersama kecamatan Leles, Garut), dan lain-lain.

Selain acara utama Rembug Desa, Festival Kebangkitan Ekonomi Dari Desa (FKEID) juga berlangsung di Kampoeng Mataraman. FKEID ini merupakan pameran produk-produk yang merupakan potensi yang dimiliki desa, yang dapat menjadi jembatan untuk kemajuan ekonomi desa.

Pameran ini diikuti oleh berbagai Bumdes dari penjuru nusantara yang memiliki produk-produk unggulan yang dapat bersaing di pasar. Selain Bumdes ada pula booth  yang disediakan untuk produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades).

.

Selain dari Bumdes, terdapat pula booth  untuk UMKM dari berbagai desa di wilayah Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya pameran ini, dapat menunjukkan bahwa kualitas produk-produk yang dihasilkan desa tidak kalah dari produk buatan perusahaan komersil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *