Hari Pertama Rembug Desa Nasional 2017

Hari Pertama Rembug Desa Nasional berlangsung pada hari Minggu, 26 November 2017, di Kampoeng Mataraman, Destinasi wisata desa yang terletak di Desa Panggungharjo.

Acara yang dipandu oleh Dewi Hutabarat ini, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan oleh Wakil Bupati Bantul.

Pembicara Pertama untuk acara ini adalah Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, MM (Founder Rumah Perubahan; Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Indonesia), yang akan membahas tema Inovasi, Produktifitas, dan Kreatifitas Pengelolaan desa dan kawasan perdesaan.

Narasumber kedua adalah Dr Aviliani SE, MSi. yang merupakan Ekonom INDEF dan Konsultan Kementrian Desa dan PDTT. Sesi kedua ini membawa tema Pembangunan Ekonomi Lokal Berbasis Partisipasi Masyarakat

Pembicara ketiga, Dr. Ivanovich Agusta, SP, MSi, yang merupakan pengajar Sosiolog Perdesaan di IPB. Tema yang dibawa oleh pembicara ketiga adalah Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan sebagai Bagian dari Pengembangan Ekonomi Kawasan Perdesaan (Prukades).

Selain itu, diadakan pula sesi diskusi dengan berbagai tokoh penggerak kemajuan desa. Diskusi ini membawa 3 tema meliputi, Kebangkitan Ekonomi Desa, Inovasi Desa, dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan.

Tokoh-tokoh yang turut berdiskusi meliputi:

  1. Imam Subowo (PT. Mitra BUMDesa Nusantara dan Direktur BULOG)
  2. Yani Stiadi (Direktur BUMDesa Tirta Mandir)
  3. M. Gunung (Ketua BUMDesa Bersama kecamatan Leles, Garut)Fiki C. Satari SE., MM (Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF)
  4. Bahrun Wardoyo (Kepala Desa Dlingo, Bantul)Didik Suharjito Ketua (Presidium Dewan Kehutanan Nasional)
  5. Mahditia Paramitha (Ketua Human Resource Center DIY)
  6. Vitria Ariani (Ketua Tim Percepatan Wisata Perdesaan dan Perkotaan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *