Hari Ini, Rembug Desa Nasional Diadakan di Kampoeng Mataraman!

Kampoeng Mataraman, sebuah destinasi wisata yang terlatak di  Desa Panggungharjo Kabupaten Bantul dijadikan tempat pelaksanaan Rembug Desa Nasional 2017. Hal ini merupakan sebuah kehormatan tersendiri bagi Kampoeng Mataraman, mengingat sebelumnya Rembug Desa diladakan di Hotel-hotel berbintang. Kampoeng Mataraman merupakan sebuah destinasi wisata yang menawarkan kehidupan pedesaan yang dikemas dengan kreativitas tanpa batas untuk memaksimalkan potensi desanyanya.

Pada awalnya, Kampoeng Mataraman tanah kas desa milik Desa Panggungharjo seluas 1 Hektar yang sebelumnya hanya disewakan kepada pengusaha lain. Pemanfaatan yang tidak maksimal ini membuat lahan kas desa kurang terawat dan tidak produktif. Bumdes Panggung Lestari, yang merupakan Badan Usaha Milik Desa  milik Desa Panggungharjo, Tanah Kas Desa yang sebelumnya hanya lahan terbengkalai menjadi destinasi wisata yang populer. Dalam waktu beberapa bulan, Kampoeng Mataraman berhasil menjadi destinasi wisata yang menarik banyak minat dengan menawarkan suasana desa meliputi, kuliner tempo dulu, suasana persawahan dan pendopo khas desa.

Acara Rembug Desa Nasional 2017 ini akan diadakan selama 2 hari, pada tanggal 26-27 November 2017. Festival Kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Desa (FKEID) juga akan diselenggarakan sebagai bagian dari acara Rembug Desa ini. Festival ini diadakan sebagai media untuk menampilkan berbagai potensi yang dimiliki oleh berbagai desa dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Untuk menunjang acara ini, Kampoeng Mataraman dibagi menjadi 3 area. Area ini meliputi Area A yang terdiri atas booth  yang menampilkan berbagai Bumdes dan Produk Unggulan Kawasan. Area kedua merupakan area wisata desa Kampoeng Mataraman. Area ketiga, dihubungkan dengan jembatan dari Kampoeng Mataraman, adalah Area pelaksanaan Rembug Desa dan booth untuk produk UMKM Desa.

Acara ini akan diisi dengan berbagai narasumber menarik yang tentunya akan memberikan berbagai ilmu luar biasa dalam untuk kemajuan desa kedepannya. Ayo, jangan lupa turut serta untuk memeriahkan acara besar yang menjembatani kemajuan Desa ini yaa!

#RDN2017 #FKEID #RembugDesa #RembugDesaNasional #TerusBergerak

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *