Apa Saja Sih Dokumen Yang Perlu Disiapkan Dalam Mendirikan BUM Desa

Dalam mendirikan BUM Desa ada beberapa dokumen penting yang perlu disiapkan diantaranya yaitu:

  • Rancangan Peraturan Desa Terkait Pembentukan BUM Desa
    Raperdes pembentukan BUM Desa memuat hal-hal yang kurang lebih sama dengan hal-hal yang telah dibahas di AD. Sesuai dengan kewenangan lokal skala desa maka masing-masing desa dapat membentuk BUM Desa. Penyebutan istilah-istilah dan kriteria-kriteria dalam Raperdes Pembentukan BUM Desa harus konsisten dengan tata aturan yang berlaku, dalam hal ini adalah Undang-Undang Desa, beserta peraturan pelaksaan dan petunjuk teknisnya. Perdes ini mengatur hal-hal secara umum. Hal-hal secara teknis akan dijabarkan dalam Perdes khusus, Keputusan Kepala Desa, AD/ART, dan bentuk peraturan lainnya. Berdasarkan telaah yang kami lakukan ada beberapa titik kritis yang perlu diperhatikan, dicermati, dan dibahas secara seksama dalam penyusunan Perdes Pembentukan BUM Desa:

    1. Konsistensi penyebutan istilah dan kriteria-kriteria yang digunakan dalam Perdes disesuaikan dengan Undang-Undang Desa, Peraturan Pemerintah, dan Peraturan Menteri serta petunjuk pelaksanaan lainnya.
    2. Apakah BUM Desa mengarah ke bentuk Perseroan Terbatas atau Koperasi sehingga istilahnya bisa konsisten merujuk ke PT atau Koperasi.
    3. Pembagian keuntungan, bonus, dan hal-hal lain terkait dengan imbalan finansial perlu disosialisasikan, dicermati, dan dibahas.
  • Rancangan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga
    Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga merupakan landasan operasional dalam menjalankan suatu usaha atau organisasi. Di dalamnya terdapat visi, misi, tujuan, tugas pokok, sampai bidang usaha termasuk kualifikasi apa dan siapa saja yang menanam saham serta berapa nominal saham yang ditanamkan. AD/ART organisasi berbeda dengan AD/ART perusahaan. AD/ART organisasi biasanya disahkan oleh forum yang merupakan anggota organisasi. Sedangkan AD/ART perusahaan biasanya disepakati oleh masing-masing pemegang saham yang ditandatangani di atas notaris, artinya badan usaha tersebut sah secara hukum. AD/ART adalah dasar dan peraturan yang mengikat seseorang atau kelompok dalam berbagai kegiatan atau program yang mereka lakukan atau yang akan dikerjakan. AD (Anggaran Dasar) selalu berisikan pasal-pasal umum mengenai hal-hal yang mengatur roda sebuah organisasi seperti ideologi, tata cara pemilihan, sumber dana, dan lain-lain. Intinya mirip seperti undang-undang Dasar. Sedangkan ART (Anggaran Rumah Tangga) itu berfungsi seperti petunjuk teknis atau penjelasan lebih rinci dari AD (AD biasanya lebih berisi tataran abstrak dan umum) dan disajikan juga dalam bentuk pasal-pasal. UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa menyebutkan Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang disebut BUM Desa. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan desa.
  • Raperdes Penyertaan Modal Awal Pembentukan BUM Desa
    Raperdes penyertaan modal merupakan dokumen yang didalamnya terdapat aturan-aturan terkait penyertaan modal awal dari Pemdes terhadap BUM Desa.

Dokumen-dokumen tersebut diperlukan untuk dibahas dalam Musyawarah Desa Pembentukan BUM Desa. Dokumen tersebut penting karena dokumen tersebutlah inti dari pendirian BUM Desa,  BUM Desa tidak akan berdiri tanpa adanya dokumen tersebut yang akan dibahas dalam Musyawarah Desa. jadi, Mari persiapkan dokumen tersebut sebelum melaksanakan Musyawarah Desa Pembentukan BUM Desa.

Untuk contoh raperdes, AD/ART, Raperdes Penyertaan Modal bisa didownload pada link berikut http://bumdes.id/downloads/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *