Cara Praktis Bumdes Mendapatkan Dukungan Masyarakat. Coba Tips Berikut!

Pasti Anda penasaran ketika sudah dilantik menjadi tim perumus Bumdes atau pengelola Bumdes tapi diminta menentukan Bisnis apa yang akan dijalankan Bumdes?

Anda bingung ketika tidak memiliki Sumber Daya Alam melimpah, Sumber Daya Manusia tidak kompeten? Tenang, hal ini masih bisa diatasi.

Namun, jika masyarakat sekitar tidak mendukung? Jawaban nya adalah berikan “Nilai” Bagi Pelanggan dimana didalamnya termasuk masyarakat sekitar. Tentukan dengan menjawab beberapa pertanyaan dibawah:

  • Apa masalah konsumen/masyarakat yang akan diatasi oleh bisnis unit usaha Bumdes?
  • Apa pekerjaan konsumen/masyarakat yang kita bantu menyelesaikan?
  • Apakah kebutuhan konsumen/masyarakat yang akan kita penuhi?
  • Produk dan jasa apa yang memberi nilai bagi segmen konsumen/masyarakat tertentu?

Jawaban atas sebagian atau seluruh pertanyaan-pertanyaan diatas akan memperjelas nilai yang diberikan kepada pelanggan (proposisi nilai) dari usaha yang dijalankannya. Jawabannya merupakan solusi yang ditawarkan oleh unit usaha kepada pelanggan/masyarakat. Bisnis yang dijalankan hanya akan berjalan dengan baik jika mampu memenuhi masalah yang dihadapi konsumen.

Ketika Unit Usaha Bumdes mampu menunjukkan bahwa kesuksesan bisnis unit usaha Bumdes tersebut mampu menyampaikan “nilai” yang bermanfaat kepada konsumen dan mampu menjawab kebutuhan konsumen, maka dukungan dari masyarakat pasti akan di peroleh pada akhirnya.

 

Baca Juga Link:

Model Bisnis Yang Ada Di Desa

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *