Bagaimana Sih Cara Pendirian BUM Desa Bersama?

Bagaimana sih tata cara pendirian BUM Desa Bersama? apakah sama dengan pendirian BUM Desa secara umum?

Pendirian BUM Desa Bersama diawali dengan adanya prakarsa Desa. Prakarsa Desa tumbuh dari kesadaran Desa untuk kolaborasi (kerjasama antar-Desa) mengelola sumber daya bersama (common pool resources). Sumber daya bersama ini harus terlebih dahulu dipetakan mana yang menjadi potensi yang akan dikembangkan dengan konsep BUM Desa Bersama. Dalam pemetaan potensi, tidak hanya potensi usaha saja yang dirancang, tetapi juga melihat aspek Manusia, Sosial, Finansial, dan Fisik dari potensi tersebut.

Setelah selesai memetakan potensi langkah selanjutnya adalah melakukan musyawarah desa terkait persetujuan kerjasama antar desa. Pada Musyawarah desa pertama ini akan menghasilkan output berupa Perdes tentang kerjasama antar desa, berita acara musyawarah desa, dan keputusan Kades tentang delegasi desa masing-masing.

Setelah dilakukan musyawarah desa pertama, tim melanjutkan dengan membahas terkait pembahasan kerjasama antar desa yang mana dalam pembahasan tersebut, akan menghasilkan rencana kerjasama antar desa yang nantinya akan dibawa untuk dibahas dalam musyawarah desa yang kedua. Dalam musyawarah desa yang kedua akan dibahas mengenai Peraturan Bersama Kepala Desa tentang kerjasama antar Desa. Musyawarah desa yang kedua tersebut nantinya akan menghasilkan susunan kepengurusan  Badan Kerjasama Antar Desa dan SOP BKAD.

Langkah selanjutnya adalah tim melanjutkan dengan membuat rancangan model bisnis unit usaha BUM Desa Bersama yang akan dijalankan serta rancangan Peraturan Bersama Kepala Desa tentang BUM Desa Bersama termasuk AD/ART dan kepengurusan.
setelah rancangan tersebut telah dibuat, maka rancangan tersebut harus dimusyawarahkan dalam forum musyawarah desa yang ketiga. Yang mana dalam musyawarah desa yang ketiga tersebut nantinya akan disahkan berdirinya BUM Desa Bersama dengan AD/ART serta Peraturan Bersama Kepala Desa tentang BUM Desa Bersama.
Begitulah tahapan proses pendirian BUM Desa Bersama, memang cenderung panjang dibandingkan dengan pendirian BUM Desa yang biasa.

Untuk materi materi terkait BUM Desa lainnya silahkan cek link berikut Materi Materi BUM Desa
SALAM BUMDES

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *