Sosialisasi Tim SMB Di Desa Caturtunggal

Tim Sekolah Manajemen Bumdes (SMB) terus bergerak dalam membantu Bumdes dari seluruh Indonesia untuk terus berkembang. Salah satunya adalah Bumdes yang terletak di Desa Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta.

Senin 23 Oktober 2017, Tim SMB mengadakan Sosialisasi Badan Usaha Milik Desa di Desa Catur Tunggal yang dihadiri oleh 15 orang dari Pemerintah Desa (Pemdes). Acara dimulai dengan pembacaan susunan acara oleh Sekretaris Desa Bapak Aminudin Aziz yang kemudian dilanjut dengan sambutan Kepala Desa oleh Bapak Agus Santoso S.Psiserta pemaparan mengenai aset desa Bapak Agus Santoso. Aset Desa Caturtunggal sebenarnya sangat banyak, sehungga BUMDes diharapkan dapat mengelola aset yang ada untuk kesejahteraan warga Desa Caturtunggal.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan mengnai filosofi Bumdes disampaikan oleh Bapak Cahyo Binarto. Sesi selanjutnya adalah pemaparan mengenai proses bisnis yang digerakkan oleh BUM Desa dari 0 sampai berjalan mandiri, oleh Bapak Agung. Dibahas pula mengenai Sekolah Manajemen Bumdes (SMB)  yang telah melalang buana dari desa yang paling miskin dan susah dicari potensinya hingga ke desa yang desanya telah memiliki BUM Desa. Pak Agung juga memberi motivasi ke Pemerintah Desa agar segera membentuk BUM Desa, karena menurut beliau Potensi di Desa Caturtunggal sangat banyak dan sangat potensial untuk dikembangkan.

Dengan adanya sosialisasi dari tim SMB memberikan energi yang positif kepada desa Caturtunggal, mereka menginginkan adanya TOT untuk Pemdes, BPD, dan calon pengelola BUM Desa. Wah, sukses terus ya untuk tim SMB!

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *