Tour de Bumdes: Bukit Cinta Bumdes Gumbregah

Tour de Bumdes kali ini sama sekali tidak direncanakan. Pada saat mengisi pelatihan pencatatan transaksi keuangan ber basis android pada acara Financial Literacy Training for Youth yang diselenggarakan oleh Citi Foundation di SMK N Rota, Bayat Klaten, kami mendengar tentang Bukit Cinta dari salah seorang peserta. Naluri traveler kami langsung timbul dan bergegas mengajak peserta tersebut menuju ke Bukit Cinta pasca pelatihan. Tour de Bumdes kali ini sama sekali tidak direncanakan. Pada saat mengisi pelatihan pencatatan transaksi keuangan ber basis android pada acara Financial Literacy Training for Youth yang diselenggarakan oleh Citi Foundation di SMK N Rota, Bayat Klaten, kami mendengar tentang Bukit Cinta dari salah seorang peserta.

Naluri traveler kami langsung timbul dan bergegas mengajak peserta tersebut menuju ke Bukit Cinta pasca pelatihan. Bukit Cinta adalah sebuah bukit yang ada di daerah Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten ternyata dikelola oleh BUMDES GUMBREGAH (Guyup Rukun Bangun Rerantaman Kang Endah) atau bisa diartikan “Bersatu padu membangun susunan yang indah” adalah Bumdes yang baru berdiri pada bulan April 2017. Kami disambut oleh Mas Slamet ketua BUMDES Gumbregah yang menceritakan tentang titik awal Bukit Cinta mulai dihadiri wisatawan tepatnya setelah pelantikan kepala desa dan saat ini omzet dari tiket dan parkirnya mencapai lebih dari Rp. 40.000.000,- (empat puluh juta) per bulan.Pesona bukit cinta berawal dari situs watu prahu, yang kemudian dikemas secara apik dengan melibatkan masyarakat yang ada di sekitar lokasi.

Awalnya Bukit Cinta dikelola oleh Pemuda dan Karang Taruna, dan untuk memperkuat aspek legal kemudian kepengelolaan dan manajemen nya dikelola oleh BUMDES GUMBREGAH dengan tetap mendapatkan dukungan, kerja sama dan sinergi dengan organisasi pemuda, Karang Taruna dan masyarakat yang ada disekitar Bukit Cinta. Dari puncak bukit cinta kita bisa melihat keindahan panorama keindahan dan suasana segarnya pagi pada saat matahari terbit, serta panorama matahari tenggelam diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, serta beberapa spot selfie untuk mengabadikan keindahan dan kenangan selama berada di bukit cinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *