Selamat telah berdiri 57 Bumdes baru di Kecamatan Ngombol

Launching 57 Bumdes di 57 Desa di Kecamatan Ngombol

20 Oktober 2017 merupakan hari yang bersejarah bagi 57 Desa di Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo,  hal ini dikarenakan di 57 Desa tersebut telah diresmikan berdirinya Badan Usaha Milik Desa yang dapat mengayomi perekonomian setiap warga di Kecamatan Ngombol tersebut.

Proses pendirian dari sosialiasi , pemetaan hingga Musdes yang cukup panjang tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap mendirikan BUMDES. Tidak dapat dipungkiri BUMDES saat ini merupakan suatu aset bagi setiap desa, sehingga setiap elemen masyarakat sangat berperan penting untuk kemajuan desa nya melalui BUMDES.

Salah satu Bumdes yang telah berdiri di kecamatan ngombol adalah Bumdes Kumpul Werdi Dadi dari desa Kumpusari. Unit usaha yang mereka gerakkan pun sangat kreatif dan inovatif menyesuaikan potensi desa yang mereka miliki. Ada peternakan, Jasa, dan perdagangan umum. tidak menutup kemungkinan apabila dikelola dengan baik Bumdes Kumpul Werdi Dadi ini bisa dijadikan Bumdes Percontohan Nasional untuk ketiga unit bisnis tersebut.

Selain desa Kumpusari, ada juga desa Depokrejo yang telah mendirikan Bumdes,yaitu Bumdes Depok Sejahtera. 55 Desa lain pun juga telah mendirikan dengan potensi desanya masing-masing.

Pada intinya pendirian Bumdes memang harus berdasarkan potensi desa yang ada, jangan sampai mendirikan bumdes tapi ttidak sesuai dengan kondisi desa yang ada. hal tersebut dapat menyebabkan pendirian bumdes akan sia sia saja karna kemungkinan besar bumdes tersebut akan bangkrut dan mati suri. Tentu hal tersebut tidak diharapkan, sehingga pemetaan potensi merupakan hal yang sangat penting untuk pendirian Bumdes.

Selamat buat 57 Bumdes yang telah terbentuk di 57 Desa di kecamatan Ngombol, Purworejo.

Salam Bumdes!! Terus bergerak !!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *