Desa Mekarmukti, Kuningan, Jawa Barat

Desa Mekarmukti adalah salah satu Desa Pemekaran dari Desa Kertayasa yang ada di Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan, pada Awalnya dengan Sebutan Kampung Cisampih dan Kampung Pamijen Desa Kertayasa Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan. Pada tahun 1982 Kampung Cisampih dan Pamijen memisahkan diri dari Desa Kertayasa Kecamatan Garawangi dan menamai DESA MEKARMUKTI kecamatan Garawangi dan pada tahun 2004 Kecamatan Garawangi di bagi dua Wilayah Kecamatan Garawangi dan Kecamatan Sindangagung. Desa Mekarmukti termasuk salah satu Desa dari dua belas Desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan.

Dengan Batas-batas Desa Sebagai berikut :
a. Sebelah Barat : Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagnug
b. Sebelah Timur : Desa Cijaga Mulya Kecamatan Ciawigebang
c. Sebelah Selatan : Desa Sindangagung Kecamatan Sindangagung
d. Sebelah Utara : Desa Muncangela Kecamatan Cipicung

Luas Wilayah Desa Mekarmukti : 70,702 ha
a. Tanah Sawah : 50,120 ha
b. Pemukiman : 19,439 ha
c. Perkantoran/pasilitas umum : 0,186 ha
d. Lainnya : 1,159 ha

Secara umum Desa Mekarmukti terletak pada ketinggian 1.080 Pt dari permukaan laut dengan kontur permukaan tanah 100 % . Suhu rata-rata harian mencapai 22-32°C kelembaban udara mencapai 33° C dan curah hujan rata-rata 2.883, mm/tahun sedangkan jarak orbitrasi Jarak ke ibu kota Kecamatan 1Km. Jarak ke ibu kota Kabupaten ±10 Km, jarak ke Ibukota Provinsi ±110 Km dan jarak ke ibukota Negara ±220 Km.
Perkembangan kependudukan di Desa Mekarmukti Secara umum dari tahun-ketahun selalu menunjukan peningkatan walaupun tidak signifikan, sampai dengan akhir tahun ini jumlah penduduk Desa Mekrmukti sebanyak 2.342 Jiwa, yang terdiri dari laki-laki 1193 jiwa dan perempuan 1149 jiwa dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 582 Kepala Keluarga (KK).

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *