Kampoeng Mataraman Positif dijadikan Tempat Pembukaan Rembug Desa Nasional 2017 #RDN2017

Sebuah prestasi yang membangakan, akhirnya Kampoeng Mataraman di Desa Panggungharjo Bantul dijadikan tempat pembukaan Rembug Desa Nasional. Mengacu pada pelaksanaan Rembug Desa sebelumnya yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) dan beberapa hotel berbintang, artinya Kampoeng Mataraman telah dianggap sejajar dan layak sebagai tempat acara yang sangat bergengsi ini.

Kampoeng Mataraman merupakan sebuah museum hidup, sebuah bukti nyata bagaimana Desa bisa memiliki kreativitas tanpa batas dalam mengelola potensinya. Awalnya Kampoeng Mataraman adalah area 1 ha tanah kas desa yang disewa oleh salah seorang pengusaha. Karena hanya dipergunakan sebagian kecil, sebagian besar area ini menjadi kurang terawat dan tidak produktif. Lewat sentuhan tangan dingin Bumdes Panggung Lestari Desa Panggungharjo, kawasan ini sekarang menjadi kawasan populer dan primadona masyarakat Yogyakarta untuk menghabiskan waktu menikmati kuliner tempo dulu dan suasana persawahan yang sangat asri.

Area ini seakan menjadi oase bagi warga perkotaan yang telah lelah dengan berbagai keruwetan. Memasuki area ini seolah menelusuri lorong waktu kembali ke awal abad 19 di masa kejayaan Mataram agraris. Area ini kedepan akan jadi pusat Wisata Edukasi pertanian. Kita harus prihatin, saat ini anak-anak kita jauh lebih familiar dengan gadget daripada mempelajari permainan anak-anak. Mereka jarang bersosialisasi langsung satu sama lain, sehingga tidak heran sebagian besar mereka saat ini tidak tahu darimana nasi berasal, bagaimana rasanya naik kerbau dan macam-macam dolanan anak.

Sehingga tidak salah Kemendes memilih Kampoeng Mataraman sebagai tempat Rembug Desa Nasional. Pemilihan tempat ini merupakan simbol bahwa desa bisa, apabila diberi kesempatan. Nasib desa akan berubah, lebih karena usaha-usaha yang dilakukan oleh masyarakat desa tersebut. Seribu desa yang hadir dalam Rembug Desa Nasional 2017 diharapkan akan mendapatkan inspirasi untuk membangun desa masing-masing. Lewat interaksi dengan warga desa, mereka akan mendapatkan cerita langsung bagaimana Desa Panggungharjo dalam waktu tidak terlalu lama bisa berubah menjadi desa mandiri dan sejahtera.

Peserta Rembug Desa Nasional juga akan bisa menikmati wisata budaya yang ada disekitar Kampoeng Mataraman, seperti Kampung Dolanan, berbagai kerajinan dan kelompok budaya, lokasi-lokasi bersejarah. Istimewanya lokasi Kampoeng Mataraman ini hanya 10 Km dari Malioboro.

Tunggu apa lagi, segera konfirmasi kehadiran anda.

#SiapHadir #RDN2017

Ikuti Pra Acara Rembug Desa Nasional : bit.ly/seminardesa

Untuk lebih tahu tentang Kampoeng Mataraman bisa cek www.facebook.com/KampoengMataraman

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *