Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat

 

Mukapayung adalah desa di kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Mukapayung terkenal dengan pemandangannya yang asri dan sejuk, serta beberapa tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata.
Desa Mukapayung secara geografis merupakan suatu desa yang terletak di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Desa ini berbatasan dengan desa Rancapanggung di sebelah barat, tepatnya di jembatan Ciminyak, di sebelah selatan berbatasan dengan Dusun Lembang, Desa Batulayang, di sebelah timur berbatasan dengan daerah Citiis, Desa Batulayang dan di sebelah utara berbatasan dengan Dusun Cikoneng, Desa Rancapanggung.
Desa ini berpenduduk kurang lebih 12.000 jiwa, yang dibagi dalam 86 RT, 20 RW, dan 4 Dusun, serta jumlah Kepala Keluarga kurang lebih 3000 KK. Persentasi penduduk ini meliputi semua jenis usia masyarakat yang ada, yang terbagi secara menyebar ke setiap wilayah bagian desa. Penduduknya bermayoritas sebagai buruh tani, pedagang, serta usaha lainnya. Semua penduduknya beragama Islam.
Batas Wilayah : Jembatan Ciminyak, Desa Rancapanggung (Timur), Dusun Lembang, desa Batulayang (Selatan), Citiis, Desa Batulayang (Barat), dan Dusun Cikoneng, Desa Rancapanggung (Utara)
Jumlah Penduduk : ± 12.000 jiwa, tersebar dalam 86 RT, 20 RW, dan 4 Dusun.
Agama yang Dianut : Islam.
Mata Pencaharian Penduduk : Buruh Tani, Pedagang, Pengusaha, Buruh.
Kesenian Khas : Kesenian khas Sunda seperti, Lengser, Kecapi, dan Pencak Silat.
Ciri Khas Desa : Desa Wisata Alam dan Kuliner, terutama Wahana Wisata Curugan Gunung Puteri dan Rumah Makan Ciminyak. Luas Wilayah : ± 90 km persegi.
Desa ini pada awalnya bersatu dengan desa Rancapanggung, namun seiring bertambahnya penduduk dengan lokasi yang luas akhirnya dimekarkanlah desa tersebut menjadi desa Mukapayung. Desa ini termasuk desa dengan jumlah penduduk dan luas yang besar di kecamatan Cililin selain desa Cililin utamanya.

One Reply to “Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *