Desa Kebumen, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang

Desa Kebumen merupakan salah satu desa kecamatan Banyubiru, kabupaten Semarang. Desa yang memiliki wilayah 380.578 Ha/m2  memiliki batas wilayah:

  • Sebelah Barat            : Desa Tegaron,Sepakung
  • Sebelah Selatan         : Desa Gedong
  • Sebelah Timur             : Kota Kalibeji
  • Sebelah Utara : Desa Rowoboni

Desa Kebumen jumlah penduduk 5837 orang dimana jumlah laki-laki 2890 orang dan perempuan 2947 orang dengan seluruhnya adalah kewarganegaraan WNI (Warga Negara Indonesia) serta etnis Jawa. Berdasarkan potensi lembaga pemerintahan kepala desa ada, sekretaris desa ada, kepala urusan pemerintahan ada, kepala urusan pembangunan ada dan aktif, kepala urusan umum ada dan aktif, kepala urusan keuangan ada dan aktif. Desa Kebumen memiliki jumlah dusun 10. Desa ini juga memiliki organisasi yang terbentuk dan masih aktif misalnya organisasi kelompok tani, organisasi ibu PKK,organisai keagamaan,organisasi bapak.

Desa Kebumen memiliki potensi berupa potensi sumber daya alam,potensi sumber daya manusia,potensi kelembagaan dan potensi sarana dan prasarana. Untuk potensi sumber daya alam dibagi menjadi beberapa bagian seperti potensi umum, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, bahan galian, sumber daya air,kualitas udara, kebisingan, ruang publik/taman serta potensi wisata. Sedangkan,potensi sumber daya manusia dibagi kedalam beberapa bagian seperti jumlah penduduk, jumlah persebaran penduduk berdasarkan usia,pendidikan,mata pencaharian pokok,agama,kewarganegaraan,etnis,cacat mental dan fisik,tenaga kerja, kualitas angkatan kerja. Potensi kelembagaan juga dibagi dalam beberapa bagian seperti lembaga pemerintahan,lembaga kemasyarakatan,lembaga politik,lembaga ekonomi,lembaga pendidikan,lembaga adat serta lembaga keamanan. Potensi sarana dan prasarana terdiri dari sarana dan prasarana transportasi, prasarana komunikasi dan informasi, prasarana air bersih dan sanitasi,prasarana dan kondisi irigasi,prasarana dan sarana pemerintahan, prasarana dan sarana lembaga masyarakat,prasarana peribadatan,prasarana olahraga, prasarana dan sarana pendidikan, prasarana dan sarana kesehatan,prasarana energi dan penerangan,prasarana hiburan dan wisata serta prasarana dan sarana kebersihan.
Desa Kebumen memiliki letak geografis yaitu di sebelah utara ada desa Rowoboni, di sebelah selatan ada desa Gedong, di sebelah timur ada desa Kalibeji sedangkan di sebelah barat ada desa Tegaron dan desa Sepakung. Desa Kebumen memiliki luas wilayah menurut penggunaanya untuk luas pemukiman sebesar 47.520 ha/m2 sarah irigasi ½ teknis seluas 188.020 ha/m2 serta untuk penggunaan lainnya. Desa ini berada pada ketinggian 450-700 mdl dari permukaan laut serta suhu rata-rata 20º-30º C.

One Reply to “Desa Kebumen, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *