Tips Branding Produk Bumdes

Proses memasarkan sebuah produk ke pasar merupakan hal yang sangat penting, karena merupakan ujung tombak dalam usaha mendapatkan pendapatan. Tidak terkecuali untuk sebuah produk yang dihasilkan oleh Bumdes. Bumdes saat ini juga harus memikirkan mengenai citra atau brand yang mereka coba untuk jual ke pasar.

Dalam proses membangun kepercayaan pembeli terhadap suatu produk, ada tahap-tahap yang harus dilakukan. Dalam teori ilmu marketing dikenal tahap dalam dimana konsumen mulai mengenal suatu produk, yang biasa dikenal dengan istilah AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).

Tahap-tahap dalam marketing ini meliputi:

ATTENTION

Tahap dimana calon pembeli mulai mengenal produk yang telah dikenalkan melalui proses promosi (advertising). Pada tahap ini, pasar baru mengenal sebuah produk/brand tapi belum ada niatan untuk membeli produk yang kita tawarkan.

• INTEREST

Tahap selanjutnya adalah tahap ketika promosi yang kita lakukan telah berhasil menumbuhkan rasa tertarik kepada calon pembeli yang telah mengenal keunggulan dan benefit yang ditawarkan.

• DESIRE

Tahap ini adalah kelanjutan dari tahap interest dimana calon pembeli merasa membutuhkan produk yang kita tawarkan. Konsumen pada titik ini akan mempertimbangkan harga yang kita tawarkan dengan benefit yang mereka dapat sebelum melanjutkan ke tahap sebelumnya.

• ACTION

Ini merupakan tahap terakhir dimana calon pembeli akan memiliki niat untuk membeli sebuah produk, mencoba untuk membeli, hingga akhirnya memutuskan untuk mengambil action dari keinginannya dan membeli sebuah produk.

Dalam melakukan pemasaran Bumdes harus mulai berpikir untuk membangun sebuah brand yang akan lebih diingat oleh konsumen. Bumdes harus memikirkan bagaimana memberikan sesuatu yang unik, sehingga membuat konsumen tetap bertahan untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Baca juga: Serunya TOT Angkatan 5 Bumdes.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *