Serunya TOT Angkatan 5 Bumdes.id

Training On Trainers (TOT) Angkatan 5 yang dilaksanakan oleh Bumdes.id berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 2-4 Oktober 2017 di Yogyakarta. Kegiatan berlangsung di Ruang Tengah Syncore (RTS) Jalan Solo KM 9 Yogyakarta untuk hari pertama dan kedua dan Di Desa Panggungharjo untuk hari ketiga.

Hari pertama diisi oleh Bapak Rudy Suryanto sebagai founder Bumdes.id yang banyak memaparkan filosofi dan materi terkait manajemen Bumdes yang baik. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Yanni Stiadiningrat, Carik Desa Ponggok, yang membagi kisah sukses Bumdes Tirta Mandiri milik Desa Ponggok yang menjadi Desa dengan penghasilan tertinggi. Selain itu, terdapat pula kunjungan dari rombongan BUMADesa asal Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat.

Hari kedua diisi tentang pemetaan potensi, pembahasan mengenai Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB), penyususnan AD/ART, hingga simulasi Musyawarah Desa.

Hari ketiga merupakan kunjungan lapangan yang dlakukan di Desa Panggungharjo yang telah berhasil mengelola Bumdes Panggung Lestari hingga menjadi salah satu Bumdes terbaik. Disini peserta TOT mengunjungi berbagai unit usaha Bumdes Panggung Lestari, mulai unit pengolahan sampah, swadesa yang menjual berbagai kerajinan warga desa, hingga wisata desa fenomenal Kampoeng Mataraman. Selain itu hari ketiga juga membahas mengenai materiĀ  pemasaran yang pastinya sangat bermanfaat!

 

 

Baca juga: PERMENDESA No 19 Tahun 2017

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *