BUMDES: Profit Dan Benefit

Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagaian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasala dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Berdasarkan pengertian diatas bisa dilihat bahwa bumdes adalah badan usaha bukan badan sosial maupun badan amal. Namun perlu diperhatikan juga bahwa tujuan bumdes adalah untuk kesejahteraan masyarakat desa, sehingga dua pokok yang perlu dimiliki bumdes adalah profit dan benefit.

Sebagai sebuah badan usaha Bumdes haruslah memberikan profit karena menjalankan sebuah usaha, namun tetap harus membawa benefit bagi masyarakat. Sehingga kesusksesan Bumdes tidak hanya diukur melalui profit, tetapi juga kebermanfaatannya bagi kehidupan masyarakat.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa Bumdes bukan merupakan bagian dari Pemdes. merupakan entitas yang berbeda. Posisi bumdes sama dengan badan usaha yang lain, seperti halnya usaha yang dikelola swasta namun digunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *