Pentingnya Sinergi Dalam Membangun Desa

Proses percepatan pembangunan dan penggunaan anggaran yang tepat sasaran dalam hal ini asas manfaat dan tepat guna dalam rangka peningkatan taraf hidup masyarakat sesuai visi UU Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, maka perlu kiranya setiap desa membangun sinergi antara Pemerintah Desa , Lembaga yang ada di desa (LPM danĀ  BPD) serta BUMDES, dan masyarakat Desa tentunya. Peran serta masyarakat setempat untuk mendorong program dan kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas dalam lingkup wilayah desa setempat.

BPD & LPM adalah dua lembaga yg memiliki peranan sangat penting di desa. Dimana BPD dengan fungsi pengawasan terhadap PEMDES. Peranan LPM sebagai ujung tombak masyarakat sangat di butuhkan untuk mendeteksi titik sentral potensi sumber daya desa baik potensi alam maupun masyarakat yang bisa di kembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan. Lalu, BUMDES juga tak kalah pentingnya sebagai lembaga pengontrol dan pengembangan sektor perekonomian yang ada di desa.

Ke empat instrumen yang ada di desa ini harus berjalan sebagaimana mestinya dan mampu membangun komunikasi serta sinergi kinerja yang baik sehingga masyarakat sebagai objek dari anggaran yang dikucurkan oleh Pemerintah, untuk terciptanya Masyarakat Desa yang sejahtera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *