Desa Pandowo Harjo Dan BUMDes Amarta

Desa Pandowo Harjo (Bumdes Amarta)

Salah satu Bumdes yang sedang berkembang adalah BUmdes Amarta milik Desa Pandowo Harjo, Sleman, Yogyakarta. Desa dengan luas wilayah sekitar 700 hektar, dengan jumlah warga sekitar 13.000 orang. Usaha yang digeluti oleh penduduk desa ini beragam mulai dari pertanian, peternakan, desa wisata, perikanan, dan UMKM.

Bumdes ini berhasil membuat pengelolaan sampah yang sangat menguntungkan. Bumdes Amarta tidak hanya mengambil celah pada pengelolaan sampah rumah tangga, namun juga bekerjasama dengan perusahaan swasta sekitar untuk mengelola sampah hasil produksi. BUMDes ini bekerja dengan  BUMDes ini bekerja sama dengan Rumah Makan Jejamuran dan pabrik sarung tangan. Biaya untuk mengelola sampah yang ditawarkan jauh lebih  murahdaripada jika sampah dikumpulkan oleh pihak luar.

Sampah yang telah dikumpulkan kemudian dipisahkan antara organic dan anorganik. BUMDes ini berencana untuk menjadikan sampah organik sebagai bahan untuk pembuatan pupuk organik. Pupuk organic akan menjadi salah satu unit usaha yanga akan dikembangkan menjadi sumber pendapatan oleh BUMDes Amarta.

BUMDes ini juga akan bergerak sebagai broker atau distributor untuk potensi wisata desa dan UMKM yang ada di Desa Pandowo Harjo yang memang sudah ada di Desa ini. Dengan ini, tidak akan terjadi persaingan antara BUMDes dengan usaha-usaha lain yang telah lebih dahulu dijalankan oleh warga. BUMDes ini juga telah memiliki Toko Desa yang masih perlu untuk dikembangkan dan juga berencana untuk memberikan paket kunjungan bagi BUMDes lain yang ingin belajar tentang bagaimana menjalankan BUMDes di BUMDes Amarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *