Bumdes Terbaik Di Pulau Jawa Tahun 2016 [Part. 2]

Kali ini kita akan kembali membahas BUMDes terbaik tahun 2016, melanjutkan postingan sebelumnya yang merupakan part 1.

3. BUMDes Tirta Mandiri

Bumdes yang satu ini merupakan BUMDes milik Desa Ponggok, Kalten. Kita mungkin tidak asing lagi dengan Umbul Ponggok yang menjadi daya tarik utama desa wisata Ponggok. Umbul sebuah kolam alami yang sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5-2,6 meter. Salah satu hal yang harus dilakukan saat berada di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan saat melakukan snorkling didalam air, keperluan seperti kamera underwater dan fotografernya telah disediakan. Disediakan pula berbagai property untuk foto, hingga paket foto pre-wedding, paket diving, dll

4. BUMDes Srisadani

BUMDes yang satu ini berasal dari Desa Srisadani, Kedungprimen, Bojonegoro. Karena berada di wilayah pertanian BUMDes ini melihat peluang dalam menyediakan air yang diperlukan untuk pertanian. BUMDes srisadani ini mengembangkan usaha pompa air untuk bidang pertanian dan berhasil memperoleh pendapatan Rp. 1,3 milyar per tahun.

5. BUMDesa Tirtonirmolo

BUMDes yang terakhir adalah milik Desa Kasihan, Bantul, BUMDes ini bergerak dibidang usaha simpan-pinjam. Berawal dari dimulainya usaha padatahun 1990, bermodal Rp. 1 juta dengan tambahan modal Rp. 10 juta,  saat ini BUMDes simpan-pinjam ini telah beromset Rp. 8,7 miliar. Tidak hanya itu, BUMDes ini juga memberntuk sistem perbankan Desa yang sangat membantu perkembangan UMKM, yang pada akhirnya menjadi penambah pemasukan warga desa.

Baca juga: BUMDes dan Koperasi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *