BUMADesa dan BUMDes Bersama. Apa Berbedanya?

Kebanyakan orang tentu sudah cukup familiar dengan BUMDes. Setelah mengetahui cara mendirikan BUMDES, akan muncul beberapa istilah yang mungkin cukup membingungkan. Misalnya, istilah Badan Usaha Milik Antar Desa (BUMADesa) dan Bumdes Bersama. Lalu kedua istilah ini sama atau berbeda ya?

  1. Bagaimana cara membentuk BADAN USAHA MILIK ANTAR DESA (BUMADesa)?

Jawab:

Prinsipnya BUMADesa didirikan atas dasar Musyawarah Antar Desa dan ditetapkan dengan Peraturan Desa Bersama. Peserta Musyawarah Antar Desa adalah delegasi yang ditunjuk dengan oleh masing2 desa, disetujui dalam Musyawarah Desa dan ditetapkan dalam Peraturan Kepala Desa. Musyawarah Desa yang dilakukan masing-masing desa adalah musyawarah desa pendirian BUMADesa yg mencakup pembahasan setidaknya persetujuan atas latar belakang dan analisis mengapa membuat BUMA Desa, pokok pikiran, dan delegasi dalam Badan Musyawarah Antar Desa.

  1. Apakah BUMDES Bersama berbeda dengan BADAN USAHA MILIK ANTAR DESA (BUMADesa)?

 Jawab:

BUMDESA bersama harus melalui Pembentukan kelembagaan BKAD dan permakades dahulu yang akan menaungi BUM Desa Bersama.  SEDANG Kerjasama antar Bumdesa langsung aja tidak perlu membantuk BKAD atau permakades karena menjadi aspek teknis kewenangan pengelola.

  1. Apakah BUMDES Bersama?

Jawab:

Berdasarkan Permendesa No. 4 tahun 2015 pasal 6 dikatakan bahwa dua desa atau lebih dapat mendirikan suatu BUM Desa bersama sama yang disepakati melalui musyawarah antar desa yang difasilitasi oleh badan kerja sama antar desa yang terdiri dari:

  1. Pemerintah Desa
  2. Anggota BPD
  3. Lembaga kemasyarakatan desa
  4. Lembaga desa lainnya
  5. Tokoh masyarakat

Fokus pada pasal ini adalah terkait ketentuan bahwa beberapa desa dapat membuat satu BUM Desa yang dikelola bersama-sama.

  1. Apakah BADAN USAHA MILIK ANTAR DESA (BUMADesa)?

Jawab:

Berdasarkan Permendesa No. 4 tahun 2015 pasal 29 dikatakan bahwa Dua BUM Desa atau lebih dapat melakukan kerjasama antara BUM Desa.

Fokus pada pasal ini adalah terkait ketentuan bahwa beberapa BUM Desa dapat melakukan kerjasama dengan BUM Desa lainnya (kerjasama antar BUM Desa) dalam mengembangkan unit-unit BUM Desa nya.

Untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan lainnya, bisa cek di FAQ bumdes.id yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *