Tips: Kunci Sukses Usaha Trading

Usaha trading menjadi salah satu jenis usaha yang cukup diminati oleh banyak BUMDes, terutama jika desa memiliki produk unggulan yang dapat dipasarkan secara luas. Berikut beberapa kunci yang dapat dijadikan acuan dalam menjalani usaha perdagangan (trading).

1 Identifikasi Calon Pembeli

Menganalisis kebutuhan dan keinginan dari pasar dan melihat adanya peluang untuk menjalankan usaha, produk apa yang pasti akan diterima oleh pasar.

2. Pemasaran (Marketing)

Bagian yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita memasarkan produk kita. Secara sederhana, kita harus memikirkan bagaimana caranya agar produk yang kita jual dapat habis terjual seluruhnya.

3. Gudang (Warehouse)

Karena trading menjual barang tertentu, maka gudang penyimpanan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Bagaimana menyimpan persediaan secara efektif dan memastikan persediaan tidak kurang atau lebih adalah kunci utama.

4. Pemasok (Supplier)

Bagaimana mengondisikan agar bahan baku yang dibutuhkan untuk proses produksi selalu tersedia dan kualitasnya terjamin.

5. Keuangan (Finance)

Dalam menjalankan sebuah usaha perlu diperhatikan kesehatan finansialnya. Sederhananya memastikan uang tetap ada setelah melakukan transaksi dalam proses marketing dan transaksi dengan supplier.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *