Menteri Desa: Harus Ada BUMDes Pertanian Di Setiap Desa

Dikutip melalui laman republika.co.id, Presiden Joko Widodo berencana untuk mengorporasikan petani dengan mengubah pola kerjanya lebih modern. Menanggapi hal itu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal danTransmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo akan mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk kesejahteraan petani. Beliau berencana untuk memperluas kehadiran PT Mitra Bumdes Nusantara setelah korporasi petani dilakukan.

Beliau mengemukakan akan mendirikan PT Mitra Bumdes Nusantara pada setiap desa yang memiliki potensi pertanian. BUMDes ini juga rencananya akan diintegrasikan dengan Kementerian Pertanian.

Beliau menjelaskan, saat ini pembentukan akta PT Mitra Bumdes Nusantara sudah dibuat namun belum dilakukann di setiap desa. Evaluasi terkait hal tersebut sudah dilakukan dan perlu dipercepat untuk program-program di desa. Sesuai dengan arahan presiden, Kementerian Pertanian juga mendukung akan mengkorporasikan petani. Selanjutnya akan diperkuat kelembagaannya dan bisa memberikan dampak lebih positif bagi para petani.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *