Desa Sukamaju, Kecamatan Batulicin – Tanah Bumbu

Batulicin (disingkat: BLN) adalah sebuah kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan Indonesia . Kota Batulicin terletak di tepi sungai batulicin dan berjarak 265 km di sebelah timur Kota Banjarmasin ibukota provinsi Kalimantan Selatan.

Batas wilayah Kecamatan Batulicin adalah sebagai berikut:

  • Utara : Kecamatan karang bintang dan simpang empat
  • Selatan : Kecamatan kusang hilir
  • Barat : Kecamatan Karang Bintang dan Kusang Hilir
  • Timur : Laut Jawa

Salah satu desa yang berada di Kecamatan batu licin ini ialah Desa Sukamaju. Desa sukamaju merupakan desa yang memiliki luas wilayah 452,2 HA yang terdiri dari sawah tadah hujan, perumahan, kebun, kolam, belukar, dan perkebunan swasta. Dalam desa Sukamaju mayoritas penduduk bersuku jawa sebanyak 352 jiwa, Banjar 218 jiwa, Bugis 29 jiwa, dan NTT 7 jiwa. Desa Sukamaju merupakan daerah pertanian terutama holticultura dan peternakan dengan jumlah peduduk 169 KK yang terdiri dari 325 jiwa laki-laki dan 281 jiwa perempuan yang terbagi dalam 3 wilayah rukun tetangga dan 1 rukun warga dengan mata pencaharian penduduk antara lain: petani, pedagang, tukang, karyawan, PNS dan Tani

Desa Sukamaju memiliki beberapa sarana dan beberapa fasilitas yang dapat digunakan masyarakat diantaranya ada 1 masjid, 1 langgar atau surau, sekolah dasar, TPA, PAUD, dan Puskesmas desa (puskesdes)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *