Desa Salam

Desa Salam adalah salah satu desa dari 11 desa yang ada di Kecamatan Patuk, memiliki enam dusun yakni Baran, Ngasemayu, Gunungmanuk, Salam, Trosari dan Waduk. Meskipun berada di dekat gerbang pintu masuk jalur utama Gunungkidul dan ibukota kecamatan, perekonomian masyarakat Desa Salam tidak sebaik posisi geografisnya.

Masyarakat mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian dengan hasil padi dan palawija. Selain pertanian, kehidupan masyarakat disokong sektor peternakan, perdagangan dan jasa. Seperti desa lain yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Desa Salam memiliki potensi bencana alam. Bencana yang biasa terjadi adalah kekeringan dan rawan gempa bumi. Tidak mengherankan jika salah satu visi dan misi Desa Salam adalah pelayanan publik untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat menuju desa yang mandiri dan tangguh menghadapi bencana.

Desa salam terdiri dari 7 Rukun Tetangga (RT) dengan 163 KK dengan populasi jiwa keseluruhan mencapai 462 jiwa. Penduduk Desa Salam rata rata berpencaharian sebagai petani yaitu sebanyak 246 jiwa, disusul buruh atau swasta sebanyak 136 jiwa dan pegawai negeri sebanyak 35 jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *