Tahapan dalam Penyusunan Laporan Keuangan

Dalam melakukan pencatatan perlu dilakukan dengan seksama dan teliti. oleh karena itu berikut kami sajikan tahapan dalam penyusunan laporan keuangan yang dapat membantu dalam proses penyusunan laporan keuangan BUMDes.

1.Level 0 – Setup

  • Jenis Organisasi
  • Sumber Dana
  • Pengguna Pelaporan
  • Periode Pelaporan
  • Saldo Awal

2.Level 1 – Pendapatan

  • Pendapatan dari Layanan/Kegiatan Utama
  • Pendapatan dari sumber lainnya
  • Penerimaan dari Pinjaman / Hibah
  • Penerimaan dari Pemilik

3.Level 2 –  Arus Kas

  1. Pengeluaran untuk kegiatan Usaha
  2. Pengeluaran Non Personil
  3. Pengeluaran Personil
  4. Pengeluaran untuk Pemberi Pinjaman
  5. Pengeluaran untuk Pemilik

4.Level 3 – Piutang – Hutang

  • Semua piutang/hutang dicatat dalam buku / daftar piutang
  • Buku / Daftar piutang/hutang selalu diperbaharui ketika ada penambahan atau pelunasan
  • Buku / daftar piutang/hutang diperiksa minimal satu bulan sekali

5.Level 4 – Persediaan

  • Semua persediaan dicatat dalam buku / daftar persediaan
  • Buku / Daftar persediaan selalu diperbaharui ketika ada penambahan atau pengurangan
  • Buku / daftar persediaan diperiksa minimal satu bulan sekali

6.Level 5 – Aset Tetap

  • Semua aset tetap dicatat dalam buku / daftar persediaan
  • Buku / Daftar aset tetap selalu diperbaharui ketika ada penambahan atau pengurangan
  • Buku / daftar aset tetap diperiksa minimal satu bulan sekali

7.Level 6  – Penggajian, Tutup Buku dan Laba Rugi

  • Laporan sumber dana/arus kas dan penggunaan dana di update sesuai format
  • Laporan laba rugi / operasional di update sesuai format
  • Semua pendapatan /biaya dipastikan sudah masuk ke laporan

8.Level 7  – Neraca dan Catatan Atas Lap Keuangan

  • Neraca sesuai format
  • Mutasi neraca saldo sesuai dengan saldo awal dan saldo akhir
  • Lampiran laporan dilengkapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *