Memilih Jenis Usaha Yang Tepat Untuk BUMDes

(Desa Wisata Langgeran)
(Wisata Umbul Ponggok)

Dalam proses pendirian BUMDes, setelah melakukan pemetaan desa masih ada hal yang perlu untuk dipertimbangkan terkait pembentukan BUMDes, salah satunya adalah jeis usaha apa yang akan digeluti nantinya. Ada banyak sekali jenis usaha yang dapat digeluti oleh BUMDes, karena tidak ada pembatasan mengenai jenis usaha apa saja yang bisa digeluti, semua tergantung pada potensi apa yang dimiliki oleh masing-masing Desa.

beberapa pilihan jenis usaha yang dapat dilakukan oleh BUMDes meliputi:

1.Wisata Desa

2.Pasar Desa

3.Sampah

4.Perdagangan

5.Jasa

6.Air Minum

7.Simpan Pinjam

8.Pertanian

9.Kerajinan

10.Persewaan

(Mekanisme sesuai jenis usaha)

Saat ini desa wisata menjadi pilihan yang cukup populer bagi beberapa BUMDes, terutama desa-desa yang memiliki keunggulan alam atau yang masih jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Disisi lain jenis usaha perdagangan dan persewaan sangat cocok untuk dikembangkan di desa yang jaraknya dekat dari pusat kota, mengingat di daerah perkotaan keberadaan lahan akan sulit ditemui.

(Pengolahan sampah menjadi usaha yang cukup menjanjikan)

Jenis usaha lain yang sebenarnya dapat di kembangkan hampir di seluruh lokasi geografis adalah industri pengolahan sampah. Kenapa? Karena sampah sendiri merupakan sesuatu yang pasti dihasilkan dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadikan sampah sebagai sumber pendapatan tentu saja merupakan sebuah keuntungan mutlak. Industri pengolahan sampah tidak hanya terkait dengan keuntungan komersial, tetapi juga membawa manfaat sosial dan melestarikan lingkungan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *