Ayo Petakan Potensi Desamu!

Banyak yang bertanya bagaimana mereka dapat mendirikan BUM Desa jika tidak ada potensi desa yang dirasa dapat menghasilkan keuntungan. Banyak yang merasa bahwa Desa mereka tidak mempunyai daya tarik yang dapat menarik orang untuk berkunjung. Banyak pula yang beralasan bahwa Desa mereka berada didekat perkotaan sehingga tidak ada potensi Desa yang dapat dikembangkan.

Gambar 1 Contoh pemetaan potensi desa

Banyak yang berpendapat bahwa Desa mereka tidak memiliki potensi khusus karena mereka selalu melihat Desa sebagai penduduk yang sudah bertahun-tahun tinggal di wilayah tersebut, padahal tidak ada salahnya jika kita mulai melihat Desa dari sudut pandang orang luar. dapat dimulai dengan melakukan pemetaan terhadap kondisi geografis desa

Melakukan pemetaan Desa dapat dijadikan acuan untuk melihat secara objektif kondisi dan potensi yang ada di Desa. Setelah melakukan pemetaan, dapat dilakukan analisa terhadap kondisi yang ada. Analisa ini Dilakukan untuk melihat nilai positif dan negatif dari kondisi desa baik secara internal maupun eksternal.

 

setelah itu dapat dikemukakan apa saja keunikan dan keunggulan yang dimiliki Desamu. dari analisis ini kamu bisa mengemukakan apa jenis usaha yang dapat dikembangkan oleh BUMDes nantinya!

Selanjutnya bisa dikembangkan menjadi nilai tambah yaitu yang bisa menjadi keunggulan produk BUM Desa dibanding yang lainnya. Nilai tambah bisa muncul dari beberapa aspek:

  1. Harga yang lebih murah
  2. Lokasi / layanan yang lebih mudah dijangkau
  3. Penggunaan yang lebih praktis
  4. Kemasan yang lebih menarik
  5. Bahan yang lebih berkualitas
  6. Teknologi yang lebih tinggi
  7. Penggalaman unik
  8. Sentimen
  9. Privilege
  10. Keunggulan / keunikan lainnya

Jadi, ayo petakan potensi Desamu sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *