Rancangan Peraturan Desa BUM Desa dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga

Foto 1 Pemaparan materi BUM Desa

 

Sesuai dengan landsan hukumnya pada UU No. 32 tahun 2004 BUM Desa merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan lembaga komersial (commercial institution), yang berarti BUM Desa sebagai lembaga sosial yang berpihak pada kepentingan masyarakat melalui pelayanan sosial dan juga mengembangkan sumberdaya lokal yang ada untuk menghasilkan keuntungan komersial.

Pada dasarnya BUM Desa didirikan atas dasar kesadaran masyarakat atas adanya potensi lokal desa yang dapat dikembangkan sesuai dengan permintaan pasar. Pendirian BUM Desa ini sendiri ditujukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADesa) yang bukan merupakan bagian dari bagian dari struktur birokrasi pemerintahan, namun pemerintah wajib melakukan sosialisasi dan pengawasan atas agar adanya BUM Desa dapat berpengaruh baik bagi kesejahteran masyarakat. Pemerintah harus memfasilitasi dan memberikan ssialisasi yang diperlukan bagi masyarakat sesuai dengan Rancangan Peraturan Desa (RAPERDES) yang telah disusun.

Karena merupakan badan usaha tentulah pendirian BUM Desa harus disertai dengan pembuatan Anggran Dasar/Anggaran Rumah Tangga. AD/ ART secara garis besar berisi kerangka umum program kerja yang telah ditetapkan oleh pimpinan usaha. Agar BUM Desa dapat menjadi badan usaha yang berkembang pembuatan AD/ART perlu dilakukan dengan seksama dan dengan teliti sehingga tidak ada yang terlewat. Paada BUM Desa penyusunan AD/ART  dilakukan melalui musyawarah desa yangmelibatkan unsur-unsur masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *