Mbolang ke Kampoeng Mataraman

Kampung Mataraman Desa Panggungharjo Sewon Bantul merupakan salah satu desa wisata di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi.  Bagi Anda yang ingin sejenak melepas penat dari aktivitas yang melelahkan, desa wisata ini dapat menjadi tujuan alternatif Anda.  Pemandangan alam yang indah dan permai serta semilir angin yang menyejukan hati dan pikiran akan membuat suasana menjadi lebih damai dan tenang.

Desa wisata ini sangat tepat untuk acara – acara atau kegiatan seperti berkumpul dengan keluarga, teman atau pun rekan kerja apalagi di Bulan Ramadhan seperti ini, sangat cocok untuk tempat berbuka puasa dengan suasana di pedesaan yang akan memberikan sensasi tersendiri.

Suasana alam yang alami dengan angin yang berhembus sepoi – sepoi, sejuk nan adem disuguhkan di Kampung Mataraman ini.  Kita juga dapat melakukan beberapa kegiatan atau sekedar memainkan permainan tradisional sambari menunggu waktu buka puasa tiba.  Ada beberapa permainan tradisional yang akan mengingatkan kita dengan masa kecil dulu seperti bermain egrang, seruling bambu, yoyo dari kayu dan permainan tradisional lainnya.

Selain permainan tradisional, disana kita juga dapat menikmati serunya menanam padi dan membajak sawah dengan kerbau.  Kita juga dapat melihat dan menikamati cara memasak masakan khas desa dengan menggunakan tungku – tungku dan alat – alat tradisional dengan bahan bakar kayu yang pastinya akan menghasilkan cita rasa makanan yang khas dari pedesaan yang tentunya lezat dan aroma bumbu tradisional yang menggugah selera. Disini juga menyediakan spot foto dan pakaian tradisional yang dapat digunakan untuk berfoto atau ber-selfe yang tentunya tidak kalah dengan spot-spot foto di tempat lain.

Menikmati makanan khas desa dengan suguhan pemandangan dan tempat yang indah nan luas membuat kita tidak ingin beranjak dari Kampung Mataraman.  Mari kita jaga keasrian, keindahan dan ketradisionalan desa wisata karena kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi.  Jagalah alam maka alam juga akan menjaga kita.

 

#JelajahDesaWisata

#bumdes.id

 

Menanam Padi (Nandur Pari)

 

Bermain Egrang

 

Membajak Sawah Dengan Kerbau
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *