Keunikan Desa Wisata Kampoeng Mataraman

Keunikan Desa Wisata “Kampoeng Mataraman”

 

 

Keindahan Alam yang ada di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul dimanfaatkan oleh aparatur desa setempat bekerja sama Tim Bumdes untuk meninkatkan perekonomian dan menguri-uri kebudayaan  tradisional Jawa dengan menghadirkan Desa Wisata Kampoeng Mataraman.

Desa Wisata Kampung Mataraman ini merupakan wisata edukasi  karena di dalamnya terdapat cara bercocok tanam mulai dari membajak sawah dengan menggunakan 2 kerbau, cara menanam padi dan cara memanen padi maupun genjer. Disamping itu Desa Wisata Kampoeng Mataraman ini juga memanfaatkan permainan yang masih tradisional seperti egrang, gansing kayu, yoyo kayu, seruling kayu dan masih banyak lagi permainan tradisional yang lain.

Yang menarik di Desa Wisata Kampoeng Mataraman ini adalah cara memasak yang masih menggunakan anglo dan kayu sebagai bahan bakar sehingga akan menambah kelezatan masakannya. Menu makanan yang disajikanpun masih sangat tradisioanal seperti sayur lodeh, oseng genjer, apem, tempe goreng garit dan masih banyak lagi menu trasional yang lain. Minuman yang disajikan juga masih tradisional seperti es dawet yang sangat segar untuk dinikmati sebagai minuman pembuka buka puasa.

Yang berbeda dengan Desa Wisata yang lain, di Desa Wisata Kampoeng Mataraman ini adalah pakaian yang digunakan para penyaji makanannya yang menggunakan pakaian khas Kampoeng Mataraman.

Ayo kunjungi segera Desa Wisata Kampoeng Mataraman yang terletak di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, anda akan merasakan keindahan alam pedesaaan yang sebenarnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *