Yuk… Jelajah Desa Wisata ke Kampoeng Mataraman

Bagi anda yang rindu dengan suasana pedesaan dan ingin menghindar sejenak dari hiruk pikuk perkotaan,  Kampoeng Mataraman bisa menjadi salah satu  alternatif tujuan wisata untuk melepas rasa penat dan lelah karena seminggu penuh bekerja. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja yaitu di desa Panggungharjo Sewon Bantul.

Di Kampoeng Mataraman ini kita bisa bernostalgia dengan permainan tradisional yang terbuat dari kayu seperti gangsing, egrang, panahan, dll. Anda juga bisa mencoba membajak sawah dengan kerbau atau mencoba serunya menanam padi. Bagi yang suka selfie atau wefie disini juga disediakan spot foto yang menarik dan kita juga bisa mencoba pakaian tradisional Jawa ( lurik )lengkap dengan caping dan bakul.  Hmm… cocok juga untuk foto pre wedding 🙂

 

Serunya Bermain Egrang

Untuk makanan yang disuguhkan juga tidak kalah serunya yaitu masakan tradisional seperti sayur lodeh, mie lethek, oseng genjer, dawet, yang bisa kita liat langsung proses pembuatannya di pawon . Kita juga bisa melihat langsung  simbah-simbah yang sedang membuat  Kue Apem  sembari mereka melantunkan  tembang-tembang  Jawa. Benar – benar pemandangan yang sulit kita jumpai di perkotaan pada saat ini. Pemandangan hamparan sawah, canda tawa, keceriaan dan keramahan penduduk, masakan yang tidak kalah nikmatnya dengan western food  membuat kita ingin selalu kembali ke suasana desa.

 

Walau sudah tidak muda lagi, Simbah tetap semangat membuat kue apem & melantunkan tembang-tembang Jawa.

 

#KangenNDeso

#KampoengMataraman

#JelajahDesaWisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *