Kenalkan Edukasi Lingkungan dan Budaya, Kampoeng Mataraman

dolanan yoyo @kampung mataraman

Di era modern ini, semakin menjamur pusat perbelanjaan, gedung-gedung besar maupun hotel di daerah Yogyakarta. Hal tersebut menyebabkan masyarakat kesulitan dalam mencari tempat pembelajaran mengenai kebudayaan jawa  dan edukasi lingkungan bagi anak maupun sanak saudara. Minimnya tempat edukasi, mendorong lurah Panggungharjo mengembangkan desa wisata “Kampoeng Mataraman” dengan gaya perkampungan pada masa kerajaan mataram yang didirikan diatas tanah kas desa di Dusun Pelemsewu, Desa Panggungharjo.

Konsep edukasi yang diberikan sangat menarik, dimana setiap pengunjung yang hadir disambut dengan semilir angin yang sejuk di area persawahan dan ditemani dengan dolanan tradisional seperti kitiran, egrang, gangsing bambu,serta kita dapat belajar bercocok tanam. Selain itu bagi pengunjung yang berminat dapat meminjam pakaian adat jawa untuk berfoto disana. Adanya kampoeng mataram diharapkan menjadi wisata edukasi lingkungan dan kebudayaan jawa yang dapat meningkatkan pendapatan desa serta memberikan lowongan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

baju tradisional- lurik

Nah.. yang unik lagi, makanan yang di sajikan di kampoeng mataraman terbebas dari MSG sehingga baik untuk kesehatan dan cara memasaknyapun masih tradisional menggunakan tungku.

pawon

Dari kampoeng mataraman kita dapat belajar, tips memulai usaha :

  1. Melakukan analisi internal dan eksternal lingkungan, baik negatif maupun positif.
  2. Menentukan target customer, value yang diterima oleh pengunjung,
  3. Menyusun perencanaan pembangunan, mulai dari tempat, bangunan, Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan untuk dapat mengelola area Bisnis. Dan agar dapat berjalan dengan lancar perlu disusun SOP untuk setiap bagiannya.
  4. Pembukaan bisnis dan perbaikan terus menerus sesuai masukan dari pengunjung.

Bagi saudara- saudara yang hendak memulai usaha bisa mencoba tips diatas, dan semoga bermanfaat.

Dan jangan lupa mampir di kampoeng mataraman dan lihat keseruannya, untuk lebih jelasnya dapat kunjungi website www.bumdes.id dan info perkembangannya pada website Pemerintahan desa panggungharjo www.panggungharjo.desa.id

keseruan membajak sawah

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *