4 Tips dan Trik #JelajahDesaWisata di Kampoeng Mataraman

Kampoeng Mataraman mungkin masih asing bagi banyak orang. Ini merupakan sebuah tempat yang terletak di Ring Road Selatan, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Tempat yang dikelola Bumdes Panggung Lestari ini sangat menarik, menawarkan sensasi pengalaman bermain di desa yang pasti membuat #kangenNdeso. Yuk, intip 4 tips dan trik #JelajahDesaWisata di Kampoeng Mataraman yang wajib diketahui untuk rekan-rekan supaya bermain lebih seru!

Tips 1: Pastikan Anda memakai pakaian yang nyaman.

Rekan-rekan harus memastikan diri menggunakan outfit yang nyaman, karena Kampoeng Mataraman bertempat sangat luas sehingga membuat kita ingin berlarian kesana kemari. Pengelola Kampoeng Mataraman akan memandu kita mencoba berbagai permainan tradisional sambil menyanyikan uyon-uyon jawa. Disarankan untuk menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan celana yang pas supaya mudah bergerak.

Tips 2: Jangan lupa membawa pakaian ganti.

Setelah puas dengan permainan tradisional, sayang sekali jika pakaian hanya kotor dengan keringat, rekan-rekan harus menambahkan kenangan yang menarik dalam hidup rekan-rekan. Apa itu? Bajak sawah dengan kerbau, menanam padi, dan memanen genjer (Limnocharis Flava).

Rekan-rekan harus mencoba membajak sawah yang ditarik oleh dua kerbau, setelah tanah dibajak rekan-rekan akan menanam padi dan selanjutnya memanen genjer untuk dimasak. Menarik bukan? Meskipun di Kampoeng Mataraman ada baju tradisional yang bisa rekan-rekan pakai, tetap jangan lupa membawa pakaian ganti ya rekan-rekan, karena pakaian tersebut tidak boleh dibawa pulang.

 

Tips 3: Persiapkan baterai handphone atau kamera dalam keadaan penuh.

Tips ini sangat penting, karena diera sosial media, jangan sampai melewatkan untuk berbagi momen indah di Kampoeng Mataraman dengan teman di sosial media. Kampoeng Mataraman meski masih dalam pembangunan, namun menyuguhkan spot-spot yang instagram-able. Ada tenant dari Kampoeng Mataraman yang berbusana prajurit wanita lengkap dengan busur panah, ada busana tradisional jawa yang bisa kita pakai, ada sepeda lawas, ada pendopo khas jawa dan spot sunset yang jangan sampai ketinggalan untuk diabadikan dengan telepon genggam atau kamera kesayangan anda.

Tips 4: Jangan lupa menggunakan sunblock atau sunscreen

Jangan lupa untuk menggunakan sunblock atau sunscreen rekan-rekan, dapat dipastikan rekan-rekan tidak sadar telah bermain dalam waktu yang lama di bawah terik matahari karena tersihir dengan permainan dan pengalaman yang tidak dapat rekan-rekan jumpai di hiruk pikuk kota. Meski ada salah satu spot yang tidak terkena paparan matahari, yaitu pawon (dapur), sunblock atau sunscreen juga diperlukan karena di pawon ini tempat untuk memasak makanan secara tradisional. Rekan-rekan tidak akan menjumpai kompor karena di sini memasak menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu yang dinyalakan dengan ditiup pelan-pelan.

Rekan-rekan sudah bosan dengan suasana perkotaan yang modern? Mari bermain bersama di Kampoeng Mataraman dan jadi agen perubahan dengan bergabung di www.bumdes.id

Sampai bertemu di sesi #JelajahDesaWisata selanjutnya. salam BUMDES! SUKSES!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *