Pemetaan Potensi Desa Argomulyo Melalui Program SMB Batch 1

Pada hari Selasa 14 Maret 2017, Tim BUMDesa mengunjungi Desa Argomulyo untuk melakukan pendampingan Sekolah Manajemen BUMDesa Batch 1. Pada kesempatan itu Ti BUMDesa memberikan pendampingan terhadap Desa Argomulyo tentang potensi dan keunikan dari Desa Argomulyo, pendampingan yang dilakukan BUMDesa berlangsung seharian yang diawali dengan pemberian materi serta dilanjutkan kunjungan ke beberapa rumah produksi .

Desa Argomulyo sendiri memiliki beberapa potensi BUMDesa yang mereka bangun seperti Rumah Jamu, rumah jamu ini berdiri diatas tanah kas desa dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) digawangi oleh Pertamina yang memberikan dana CSR kepada desa, kemudian desa memberikan dana tersebut kepada masing – masing kelompok pembuat jamu.

Desa Argomulyo memiliki banyak kas desa, salah satunya dimanfaatkan untuk lapangan olahraga , lapangan tersebut disewa oleh SMA dan STM yang berada di desa Argomulyo dengan harga sewa sebesar Rp. 7.000.000 / tahun .

Kedepannya Desa Argomulyo akan mendirikan BUMDesa yang sudah dibicarakan dengan Badan Pengawas Desa (BPD) dan pemerintah desa, namun masih belum dilakukan pengkajian lebih lanjut, tim untuk melakukan pembentukan BUMDesa sudah terbentuk , kedepannaya akan dilakukan sosialisasi, pengkajian dan peresmian BUMDes.

Selain dari Rumah Jamu, potensi usaha dan bisnis yang akan dikelola nantinya oleh BUMDesa Argomulyo yaitu sampah dan minya jelatah, potensi lainnya yang dimiliki desa ini yaitu Museum Soeharyo yang dimanfaatkan oleh warganya untuk menyediakan jasa parkir, rumah makan dan toko kelontong saja karena Musum ini sendiri dikelola oleh keluarga keturunan Soeharto.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *