Desa Srimartani

Desa Srimartani terletak di sebelah Utara Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kab. Sleman. Sebelah Selatan Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kab. Bantul. Sebelah Barat Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kab. Sleman. Sebelah Timur Desa Ngoro-oro, Kecamatan Patuk, Kab. Gunungkidul. Di Srimartani memiliki potensi lahan Pertanian yang luas , Peternakan, Pasar desa, UKM, Sumber mata air. Dari potensi tersebut, maka didirikan Bumdes dalam bidang Pengelolaan pasar desa, Pengelolaan sampah terpadu 3R, Laborat tani modern hortikultura, Pengelolaan air bersih. Etalase hasil produksi UKM, Pelayanan jasa. Desa Srimartani terdapat potensi SDM sebagai Petani 9.724 orang, Tukang 424 orang, Buruh Tani 538 orang, Pensiunan 344 orang, Peternak 185 orang, Jasa 91 orang, Swasta 293 orang, PNS/TNI/POLRI 1.275 orang, Tidak bekerja 5.084 orang.

Dari potensi SDM yang ada maka perlu didorong penciptaan lapangan kerja yang luas terutama bidang Pertanian, Perdagangan, Peternakan, Layanan jasa dan pemenuhan kebutuhan Air bersih. Sejalan dengan RT/RW Kabupaten Bantul yang mengalokasikan Desa Srimartani sebagai wilayah Pertanian dan Perumahan. Desa Srimartani memiliki potensi di bidang kerajinan seperti kerajinan kulit dan mebel . kerajinan kulit yang sering dipasarkan adalah sepatu, mebel yang banyak dipasarkan adalah sepatu. Mebel yang banyak dipasarkan seperti meja kursi dan perabotan rumah tangga lainnya dengan menggunakan bahan baku kayu jati, bambu dan mahoni.

Dari segi usia, Desa Srimartani mempunyai jumlah penduduk produktif 10.231 jiwa, yang meliputi meliputi Usia  0-15 3.923 jiwa, Usia 15-65 10.231 jiwa, Usia 65 1.341 jiwa. Mata pencaharian warga di Desa Srimartani beragam pekerjaan yang terdiri dari Petani 63 %, PNS 2 %, TNI/POLRI 1 %, Tukang , Buruh 3.4 %, Peternak 2 %, Swasta 3,5 %, Lainnya 22 %.

Peta Desa Srimartani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *