Selamat datang di Bumdes.id

Paska Undang-Undang Desa di sahkan pada tahun 2014, terjadi banyak pergeseran dan dinamika di masyarakat desa. Salah satunya adalah fenomena bermunculannya Badan Usaha Milik Desa di berbagai desa. Saat ini sudah ada 18.446 BUMDES di Seluruh Indonesia, meskipun demikian banyak pihak masih awam terkait dengan BUMDES.

BUMDes sebagai badan usaha, seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa. Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, yang menjadi pedoman bagi daerah dan desa dalam pembentukan dan pengelolaan BUMDes. Pengelolaan BUMDes terpisah dari kegiatan pemerintahan desa diluar struktur organisasi pemerintahan desa. BUMDes dibentuk oleh Pemerintah Desa untuk mendayagunakan segala potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian, serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Bumdes.id merupakan upaya untuk turut serta dalam upaya percepatan membangun desa. Melalui Bumdes.id dapat membantu menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan BUMDES, melalui upaya penguatan jejaring dan mendorong proses saling belajar dan bekerjasama antar BUMDES (Bumdes to Bumdes РB2B)
Beberapa program Bumdes.id seperti :

  1.  Jejaring Bumdes.id
  2. Sosialisasi Pembentukan BUMDES (sebagai narasumber)
  3. Workshop Pra Pembentukan BUMDES (lintas sektor)
  4. Workshop Paska Pembentukan BUMDES (lintas sektor)
  5. Sekolah Manajemen BumDes, untuk penguatan Pengelola BUMDES
  6. Pendampingan Pembentukan dan Pengelolaan Bumdes
  7. Pendampingan Penyusunan Pedoman Tata Kelola dan SOP BUMDES
  8. Implementasi Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES (SAAB)
  9. BUMDES Going Digital

BumDes merupakan sistem kegiatan perekonomian masyarakat dalam skala mikro desa yang dikelola oleh masyarakat bersama dengan pemerintah desa

BUMDes tidak hanya sekedar mencari untung tetapi juga menggerakkan ekonomi masyarakat mulai dari yang ada dan bisa dilakukan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *