“Tidak ada yang sulit kalau kita tahu ilmunya. Demikian halnya dengan mengembangkan Bumdes Sukses. Bumdes Sukses memiliki pola-pola atau peta jalan yang bisa diamati, dipelajari, ditiru dan dikembangkan. Kesulitan sebagian besar Bumdes bisa berkembang, karena sebagian besar pengelolanya belum menguasai ilmu bagaimana mengelola Bumdes yang baik.

Bumdes yang sukses memiliki kharakteristik tiga yaitu efektif, efisien dan berkelanjutan. Efektif artinya mencapai tujuan pendirian Bumdes yaitu meningkatkan kesejahteraan warga desa. Efisien diukur dari perbandingan output dan input. Bumdes harus produktif, efisien dan dikelola dengan praktik bisnis yang sehat untuk dapat mencapai profit. Berkelanjutan artinya Bumdes ini bisa mandiri tanpa tergantung dari dana desa dan memenuhi tiga kelayakan, yaitu layak secara finansial, layak secara sosial dan layak secara lingkungan. Layak secara finansial artinya mencapai tingkat pendapatan dan profit untuk menjamin keberlangsungan Bumdes secara jangka panjang. Layak secara sosial artinya tidak menimbulkan gesekan sosial, mampu memberikan benefit sosial dan mendorong transformasi masyarakat desa ke tingkat kesejahteraan yang lebih baik. Layak secara lingkungan artinya usaha Bumdes tidak merusak linkungan dan beperan aktif dalam konservasi lingkungan.

 

Tepat kiranya Tim Akselerasi Bumdes Percontohan Nasional dari Sumatera Barat yang diketuai langsung oleh Datuk Febby dan didampingi oleh Kasubdit Kelembagaan Kemendes Bp Febriansyah melakukan kajian serius dan upaya sistematis untuk mendorong dan mempercepat Bumnag-Bumnag di Sumatera Barat berkiprah di pentas nasional. Tim Akselerasi in terdiri dari aliansi ABCGFM, yaitu dari Akademisi, Pelaku Bumdes, Komunitas, Pemprov, BNI dan beberapa Media.

Upaya itu semoga menjadi praktik baik dan di replikasi oleh daerah-daerah lain. Karena upaya pembangunan esensinya adallah upaya membangun manusianya, dan tidak ada upaya membangun manusia tanpa upaya mendidik terus menerus. Sehingga menjadi penting mewujudkan Satu Kabupaten Satu Sekolah Bumdes dengan minimal Satu Orang Master Trainer Bumdes bersertifikasi nasional. Master Trainer tersebut dipastikan memiliki pengetahuan, pengalaman dan metode dalam melatih dan mendampingi Bumdes-Bumdes dalam hal memahami Spirit UU Desa, Kewirausahaan Sosial, Kepemimpinan Transformatif dan Managerial Skills. Lima Kabupaten telah berkomitmen untuk ikut program ini, Kabupaten anda kapan gabung ?

Rudy Suryanto
Master Trainer Bumdes
Pendiri Sekolah Manajemen Bumdes, Founder Bumdes.id
Penulis Buku “Peta Jalan Bumdes Sukses”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *