Bumdes.id – Sekolah Manajemen Bumdes (SMB) dan Bumdes.id kembali menyelenggarakan Pelatihan Bumdes yang bertajuk Training of Trainers (ToT) Pendamping Bumdes Angkatan 12. Kegiatan pelatihan ini ditujukan kepada para pengelola BUMDes, pemerintah desa, maupun para penggiat dan pemerhati BUMDes. Para peserta akan dibekali dengan berbagai macam materi seperti pemahaman tentang filosofi BUMDes, tahapan pengelolaan BUMDes, manajemen keuangan BUMDes, teknik pemetaan bentang, hingga penggunaan aplikasi keuangan BUMDes.

Pelatihan akan berlangsung selama 3 hari dari 29 November – 1 Desember 2018 di Yogyakarta. peserta akan mendapat materi selama 2 hari lalu kemudian dilanjutkan dengan 1 hari kunjungan lapangan ke BUMDes berprestasi. Pelatihan yang dirancang mengkombinasikan beberapa metode seperti ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Praktek, Sharing, dan tentu saja kunjungan lapangan. Selain itu peserta juga akan mendapatkan beberapa modul, kertas kerja, dan buku Peta Jalan Bumdes Sukses sebagai pendukung agar pemahaman yang diberikan lebih komprehensif.

Salah satu keunggulan yang diberikan dalam pelatihan ini adalah materi yang lengkap dengan kombinasi metode beragam yang tentu saja akan menghidupkan suasana pelatihan. Pelatihan ini sangat cocok bagi pengelola maupun pendamping BUMDes yang baru saja merintis unit usahanya. Karena penyusunan kurikulum berdasarkan pemetaan permasalahan yang kerap terjadi pada awal pendirian BUMDes.

Foto kunjungan lapangan peserta ToT Pendamping Bumdes Angkatan 11

Selain itu, keunggulan lainnya adalah peserta pelatihan akan mendapatkan akses aplikasi gratis selama satu tahun untuk Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB). SAAB sendiri sangat bermanfaat untuk pencatatan dan pelaporan keuangan bagi BUMDes. Aplikasi ini disesuaikan dan disederhanakan sehingga cukup mudah untuk digunakan bagi para pengelola BUMDes.

SMB dan Bumdes.id sendiri hingga saat ini masih terus konsisten untuk menyelenggarakan pelatihan Bumdes yang mengutamakan kebutuhan materi peserta dan kenyamanan dalam pelatihan. sehingga tidak heran alumni pelatihan ini sudah mencapai lebih 200 alumni yang berasal dari seluruh Indonesia dan dari ragam profesi yang berbeda-beda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *